Ini 4 Manfaat Renang Bagi Kesehatan Tubuh Manusia, Salah Satunya Buat Penderita Asma

Manfaat Berenang untuk Kesehatan
Manfaat Berenang untuk Kesehatan Tubuh-Andrea-Pexels

JAKARTA — Pernahkah Anda mendengar para ahli merekomendasikan orang dewasa renang¬† untuk melakukan 150 menit aktivitas sedang atau 75 menit aktivitas berat setiap minggunya? Nah, sekarang berenang merupakan cara terbaik untuk melatih seluruh tubuh dan sistem kardiovaskular Anda.

Satu jam renang akan membakar kalori hampir sama banyaknya dengan berlari, tanpa berdampak pada tulang dan persendian Anda. Ada sejumlah manfaat yang bisa Anda peroleh jika melakukan berenang secara teratur.

Bacaan Lainnya

Dilansir dari laman Heathline, berikut 4 manfaat renang bagi kesehatan tubuh manusia.

1.) Bantu Sehatkan Tubuh Dalam Manusia

Sementara otot Anda mendapatkan latihan yang baik, sistem kardiovaskular Anda juga. Berenang membuat jantung dan paru-paru Anda kuat.

Berenang sangat baik untuk Anda sehingga para peneliti membagikannya bahkan dapat mengurangi risiko kematian Anda. Dibandingkan dengan orang yang tidak aktif, perenang memiliki sekitar setengah risiko kematian. Beberapa penelitian lain menunjukkan bahwa berenang dapat membantu menurunkan tekanan darah dan mengontrol gula darah.

2.) Bagus untuk penderita asma

Lingkungan kolam dalam ruangan yang lembap membuat berenang menjadi aktivitas yang bagus bagi penderita asma. Tidak hanya itu, tetapi latihan pernapasan yang terkait dengan olahraga, seperti menahan napas, dapat membantu Anda memperluas kapasitas paru-paru dan mendapatkan kendali atas pernapasan Anda.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa berenang dapat meningkatkan risiko asma karena bahan kimia yang digunakan untuk merawat kolam. Bicaralah dengan dokter Anda tentang potensi risiko berenang jika Anda menderita asma, dan, jika mungkin, carilah kolam yang menggunakan air asin sebagai pengganti klorin.

3.) Bermanfaat untuk penderita MS juga

Orang dengan multiple sclerosis (MS) juga dapat menemukan manfaat berenang. Air membuat anggota badan melayang, membantu menopang mereka selama berolahraga. Air juga memberikan resistensi yang lembut.

Dalam satu studi, program renang 20 minggu menghasilkan pengurangan rasa sakit yang signifikan bagi penderita MS. Orang-orang ini juga menunjukkan perbaikan dengan gejala seperti kelelahan, depresi, dan kecacatan. Pelajari lebih lanjut tentang terapi air untuk MS.

4.) Membakar Kalori

Berenang adalah cara yang efisien untuk membakar kalori. Seseorang dengan berat 160 pon membakar sekitar 423 kalori per jam saat berenang dengan kecepatan rendah atau sedang.

Pos terkait