Ini Cara Masak Daging Kurban yang Empuk, Simak 5 Tipsnya

Cara Masak Daging Kurban yang Empuk dan Enak
Cara Masak Daging Kurban yang Empuk dan Enak (Foto : Freepik)

JAKARTA — Tak akan lama lagi banyak orang yang memilih untuk mengolah masakan dengan bahan baku daging. Tak lain dan tak bukan sesaat lagi umat Muslim akan menyambut hari raya Idul Adha 1443 Hijriyah.

Perlu diingat bahwa memasak daging juga perlu ketepatan agar tekstur yang dihasilkan juga empuk dan tidak keras saat dimakan. Lantas, bagaimana sih cara membuat daging yang keras menjadi empuk?

Bacaan Lainnya

Melunakkan daging tidak sesulit yang Anda bayangkan karena ada beberapa trik yang bisa membuat potongan super lembut.

Dikutip dari laman tasteofhome, berikut 5 cara memasak daging kurban yang empuk anti alot.

1. Lembutkan daging secara fisik

Untuk potongan keras seperti steak chuck, palu daging bisa menjadi cara yang sangat efektif untuk memecah serat otot yang keras itu. Anda tidak ingin menumbuknya hingga terlupakan dan mengubah daging menjadi bubur, tetapi menumbuk ringan dengan tepi kasar palu daging akan berhasil.

Jika Anda tidak memilikinya, Anda dapat menggores permukaan dengan pola garis melintang dengan pisau atau menggunakan garpu untuk membuat lubang kecil pada daging.

2. Gunakan rendaman

Potongan seperti steak sayap atau rok membuat steak panggang yang sangat baik, tetapi mereka sangat keras sehingga Anda tidak ingin memakannya tanpa sedikit bumbu. Menggunakan bahan-bahan asam seperti jus lemon, cuka atau buttermilk tidak hanya menambah rasa tetapi juga memecah protein keras, memberi daging “pra-masak” sebelum dipanggang.

Pastikan Anda tidak membiarkannya terlalu lama di rendaman (30 menit hingga dua jam), atau akan menjadi lunak dan lembek.

3. Jangan lupa garamnya

Baik Anda sedang mengasinkan atau tidak, setidaknya pastikan untuk memberi garam pada daging sebelum dimasak. Garam mengeluarkan kelembapan dari dalam daging, memusatkan rasa dan menciptakan air asin alami.

Anda tahu itu berhasil karena dagingnya akan berwarna merah lebih dalam. Tidak seperti bumbu marinasi, Anda bisa mengasinkan daging hingga 24 jam sebelumnya.

4. Biarkan sampai suhu ruang

Pos terkait