Simbol Dukungan Palestina, 7 Manfaat Semangka Untuk Kesehatan, Memelihara Kesehatan Jantung

Semangka-Pixabay-
Semangka-Pixabay-

JAKARTA — Belakangan, ramai emoji semangka yang digunakan netizen sebagai bentuk dukungan terhadap Palestina. Hal tersebut lantaran buah ini memiliki warna merah cerah dengan kulit berwarna hijau putih dan bintik hitam.

Di mana, semuanya mengandung unsur warna dari Bendera Palestina. Pada platform seperti TikTok dan Instagram, penggunaan emoji buah sebagai pengganti bendera Palestina digunakan untuk menghindari sensor algoritma atau filter pemblokiran pengguna.

Bacaan Lainnya

Di sisi lain, semangka merupakan buah yang mengandung berbagai sumber nutrisi lengkap. Berkat kandungan nutrisinya yang melimpah, ada beberapa manfaat yang dapat kamu peroleh dari mengonsumsi semangka, di antaranya:

1. Menyehatkan Saluran Pencernaan

Berbagai jenis buah-buahan, termasuk semangka, merupakan sumber serat yang baik untuk saluran pencernaan. Hal ini karena semangka merupakan salah satu jenis buah dengan kandungan air yang sangat tinggi, yaitu mencapai 92%.

Kandungan air dan serat tersebut menjadikan semangka baik dikonsumsi untuk melancarkan buang air besar, mencegah konstipasi, termasuk yang disebabkan oleh sakit tipes, dan meringankan gejala asam lambung naik.

2. Mencegah Dehidrasi

Untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh dan mencegah dehidrasi, kamu perlu minum air sekitar 7–8 gelas setiap hari. Selain dengan air putih, asupan cairan tubuh juga bisa dipenuhi dengan mengonsumsi beragam makanan untuk mengatasi dehidrasi, tak terkecuali semangka.

3. Memelihara Kesehatan Jantung

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kandungan antioksidan, vitamin, dan serat di dalam semangka bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh dan mencegah penyempitan pembuluh darah.

Selain itu, semangka juga mengandung citrulline, salah satu jenis asam amino yang dapat menurunkan tekanan darah sekaligus mengendalikan kadar gula darah.

Oleh karena itu, semangka juga baik dikonsumsi oleh penderita hipertensi dan diabetes. Kombinasi manfaat tersebut membuat semangka baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan jantung dan mencegah berbagai jenis penyakit kardiovaskuler, seperti serangan jantung dan stroke.

4. Membuat Kulit Lembut dan Halus

Tak hanya mencegah berbagai penyakit di dalam tubuh, semangka juga bermanfaat untuk kesehatan kulit. Vitamin A dalam semangka bisa membuat kulit menjadi lebih halus dan lembab.

Tentunya ini akan mencegah kulit terlihat kusam dan kurang nutrisi. Selain itu, vitamin A juga bisa memperbaiki sistem jaringan sel tubuh pada bagian rambut dan kulit.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *