Manfaat Makan Sayur, Ini 5 Kebaikannya yang Perlu Diketahui

Manfaat Makan Sayur Setiap Hari-Jill
Manfaat Makan Sayur Setiap Hari-Jill Wellington-Pexels

JAKARTA — Bukan menjadi rahasia lagi jika makan sayur secara rutin dapat menyehatkan tubuh manusia. Sebagian besar dari kita tahu bahwa makan sayur dan buah-buahan adalah kebiasaan yang sehat.

Namun ada sebagian orang juga yang justru meremehkan manfaat yang bisa ditimbulkan dari makan sayur. Meski begitu ada beberapa orang yang ternyata masih belum mengetahui secara persis apa sebenarnya manfaat makan sayur bagi kesehatan tubuh.

Bacaan Lainnya

Dilansir dari laman eatingwell, berikut 5 manfaat makan sayur secara rutin dan dengan porsi yang pas.

1. Melawan peradangan

Terkadang peradangan itu baik, tetapi terlalu banyak peradangan kronis tidak baik untuk tubuh kita.

Sayuran adalah salah satu makanan terbaik untuk dimakan untuk membantu Anda menangkis peradangan. Mereka kaya akan antioksidan dan fitokimia untuk membantu tubuh Anda.

2. Meningkatkan tekanan darah

Hampir setengah dari orang Amerika memiliki tekanan darah tinggi, menurut CDC. Dalam hal diet dan tekanan darah, makan terlalu banyak garam tidak baik. Namun, makan lebih banyak makanan kaya kalium dapat membantu mengurangi kerusakan diet tinggi natrium.

Sayuran, seperti bit dan bayam, memberikan potasium (di antara nutrisi lain) dan serat dari sayuran juga membantu jantung Anda.

3. Tingkatkan serat Anda

Sebagian besar dari kita tidak memenuhi asupan serat yang direkomendasikan (yaitu 38g/hari untuk pria dan 25g/hari untuk wanita). Makan makanan berserat tinggi seperti biji-bijian, buah-buahan, kacang-kacangan, kacang-kacangan dan ya, sayuran dapat membantu Anda mendapatkan cukup nutrisi utama ini.

Serat sangat bagus untuk jantung dan usus Anda, tetapi juga dapat membuat Anda kenyang dan mengurangi risiko terkena diabetes.

Semua sayuran memiliki serat, jadi pilihlah variasi untuk memenuhi kebutuhan Anda. Artichoke, ubi jalar, dan kacang polong semuanya membuat daftar makanan kami dengan lebih banyak serat daripada apel.

4. Bantu tingkatkan kesehatan mata

Kesehatan mata mungkin menjadi perhatian utama jika Anda menatap komputer dan telepon sepanjang hari, yang dapat membuat mata Anda tegang, menurut American Optometric Association.

Jika Anda ingin melindungi mata Anda, makanlah lebih banyak sayuran (Anda juga perlu istirahat sejenak dan menemui dokter mata Anda). Lutein dan zeaxanthin adalah dua karotenoid yang membantu mengurangi risiko degenerasi makula terkait usia (AMD).

Pos terkait