Ini Makanan yang Wajib Dikonsumsi Saat Sarapan Pagi, Bisa Dicoba

Makanan sarapan
Ilustrasi Makanan sarapan-Pexels-Pixabay

JAKARTA — Aktifitas sarapan pagi dengan makanan sehat merupakan salah satu langkah yang bagus untuk memulai dan juga menentukan bagaimana warna dari hari Anda.

Meskipun beberapa orang ada yang memilih untuk tidak sarapan karena tidak terbiasa, tetapi ada saja yang tetap memilih untuk sarapan karena membutuhkan asupan energi sebelum beraktivitas.

Bacaan Lainnya

Jika Anda menikmati sarapan, memilih makanan bergizi dapat memberikan energi yang tahan lama dan membuat Anda kenyang selama berjam-jam. Makanan yang bisa membantu Anda menimbulkan hal itu biasanya makanan yang memiliki tinggi serat, protein, lemak sehat, dan zat gizi mikro.

Meskipun yang terbaik adalah menghindari pilihan tidak sehat yang tinggi gula, karbohidrat olahan, dan aditif, tapi tidak selalu mudah untuk mengetahui apa yang harus dipilih.

Melansir dari la,man Heathline, berikut 4 makanan yang wajid dicoba saat sarapan.

Telur

Telur membuat pilihan sarapan sederhana dan bergizi. Bahan makanan ini adalah sumber protein yang sangat baik, yang membantu mendukung sintesis otot. Karena protein membutuhkan waktu untuk dicerna, ini juga membantu Anda tetap merasa kenyang.

Dalam satu penelitian, orang yang diberi telur dan roti panggang untuk sarapan melaporkan rasa lapar yang jauh lebih sedikit daripada mereka yang diberi sereal dedak, menunjukkan bahwa asupan protein kelompok telur yang lebih tinggi (25 gram versus 11 gram) meningkatkan rasa kenyang yang lebih besar.

Selanjutnya, kelompok telur makan lebih sedikit kalori saat makan siang, menunjukkan bahwa hidangan ini dapat mendukung manajemen berat badan.

Selain itu, kuning telur mengandung lutein dan zeaxanthin. Antioksidan ini membantu mencegah gangguan mata seperti katarak dan degenerasi makula.

Telur juga merupakan salah satu sumber kolin terbaik, nutrisi penting untuk kesehatan otak dan hati. Berlawanan dengan kepercayaan orang-orang, telur tidak meningkatkan kadar kolesterol pada kebanyakan orang meskipun kandungan kolesterolnya tinggi.

Faktanya, satu ulasan dari 23 penelitian menemukan bahwa telur memiliki efek perlindungan ringan terhadap penyakit jantung.

Karena itu, cobalah untuk membatasi asupan sarapan olahan tinggi yang biasanya dipasangkan dengan telur, seperti sosis sarapan dan bacon. Sebagai gantinya, makan telur Anda dengan makanan bergizi lainnya, seperti roti gandum utuh, buah utuh, atau sayuran tumis.

Oatmeal atau Havermut

Oatmeal adalah pilihan sarapan klasik dan bergizi untuk sebgian orang yang terbuat dari gandum lalu digulung atau dipotong baja plus mengandung serat unik yang disebut beta glukan.

Serat larut ini tidak hanya membantu mengurangi kadar kolesterol tetapi juga meningkatkan perasaan kenyang dengan menunda pengosongan perut dan memicu pelepasan peptida YY, hormon rasa kenyang yang dapat mencegah makan berlebihan.

Selain itu gandum adalah sumber zat besi, vitamin B, mangan, magnesium, seng, dan selenium yang baik, juga mengandung sekitar 10 gram protein per cangkir (81 gram). Untuk meningkatkan kandungan protein, buat oatmeal dengan susu sebagai pengganti air, campur dengan bubuk protein, atau sajikan dengan telur.

Ingatlah bahwa gandum tidak mengandung gluten tetapi sering diproses bersama biji-bijian yang mengandung gluten, yang meningkatkan risiko kontaminasi silang.

Oleh karena itu, orang dengan gangguan terkait gluten harus memilih oat yang telah bersertifikat bebas gluten.

Kacang

Semua jenis kacang mengandung magnesium, potasium, dan lemak tak jenuh tunggal yang menyehatkan jantung. Mereka juga merupakan sumber antioksidan yang hebat. Kacang brazil adalah salah satu sumber selenium terbaik. Hanya 2 kacang Brazil yang memberikan lebih dari 100% Nilai Harian (DV).

Meskipun kacang tinggi kalori, penelitian menunjukkan bahwa Anda tidak menyerap semua lemaknya.

Misalnya, beberapa penelitian menunjukkan bahwa tubuh Anda hanya menyerap sekitar 129 kalori dari 1 ons (28 gram) porsi almond utuh, meskipun Anda menyerap lebih banyak lemak dari versi olahan, seperti mentega almond.

Pos terkait