Ini Cara Redakan Sakit Lambung, 5 Jenis Makanan Ini Bisa jadi Solusi

Sakit Lambung
Ilustrasi Sakit Lambung (Foto : Jawapos)

JAKARTASakit lambung merupakan salah satu penyakit yang biasa menyerang siapa saja. Gejala sakit lambung memang bervariasi seperti nyeri ringan hingga rasa berdenyut yang parah di area perut bagian atas.

Penyakit lambung terjadi kelambungtika otot kerongkongan bagian bawah (otot LES) melemah. Meski tidak mematikan seperti serangan jantung, penyakit lambung perlu ditangani agar tidak menimbulkan komplikasi.

Bacaan Lainnya

Salah satu cara menghindari penyakit lambung yakni mengonsumsi dan menghindari makanan atau minuman tertentu.

Hal itu dapat membantu meredakan sakit lambung. Berikut ini lima asupan yang bermanfaat seperti dikutip dari PMJ NEWS.

1. Yoghurt

Yoghurt adalah sumber bakteri baik dan membantu pencernaan. Yoghurt juga bisa dicampur dengan air untuk minuman ringan dan menyegarkan. Tambahkan jintan dan garam untuk hasil terbaik. Sebagai alternatif, bisa dibuat menjadi smoothie yang dikombinasikan dengan apel.

2. Teh herbal

Teh herbal dibuat dengan ekstrak dari tumbuhan yang memiliki banyak khasiat obat. Dikarenakan mengandung antioksidan kuat dan senyawa anti-inflamasi, teh herbal membantu melancarkan pencernaan serta mengurangi rasa sakit akibat sakit lambung.

Beberapa teh herbal populer termasuk teh jahe, peppermint, kamomil, dan lemon.

3. Cuka sari apel

Cuka sari apel memberikan lingkungan mikro asam di usus dan mengaktifkan sintesis enzim pencernaan. Ini juga mengurangi rasa sakit, kembungm dan gejala masalah lambung lainnya.

Disarankan mencampur 2 sendok teh cuka sari apel dalam segelas air dan mengonsumsinya untuk meredakan sakit lambung.

4. Makanan berserat tinggi

Makanan berserat tinggi seperti kacang-kacangan, biji-bijian, polong-polongan, beri, dan sayuran hijau yang bermanfaat untuk keseluruhan sistem pencernaan dan membantu mengatasi sakit lambung.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan