Enam Makanan Ini Bisa Tingkatkan Kesuburan Pria, Wajib Dicoba

Faktor utama ketidaksuburan pria
Faktor utama ketidaksuburan pria sudah pasti tingkat kesuburan atau kualitas dan kuantitas sperma yang dimilikinya. -Thomas Bhreher-Pixabay-

JAKARTA -– Bukan hanya pada wanita, masalah ketidaksuburan juga bisa terjadi dengan pria. Faktor utama ketidaksuburan pria sudah pasti tingkat kesuburan atau kualitas dan kuantitas sperma yang dimilikinya dari Makanan.

Melansir dari laman Healthline, tanda tingkat kesuburan dengan sperma sehat dan berkualitas antara lain:

Bacaan Lainnya
  • – Jumlah sperma dengan konsentrasi jumlah sperma sehat adalah 15 juta per mililiter, atau setidaknya 39 juta per ejakulasi.
  • – Morfologi atau bentuk sperma atau sel sperma yang berkualitas harus memiliki bentuk kepala obal dan punya ekor panjang
  • – Pergerakan sperma atau sel sperma yang subur harus bisa berenang untuk mencapai dan membuahi sel telur

Banyak faktor yang bisa mempengaruhi kualitas sperma, mulai dari bawaan genetik, sampai kebiasaan sehari-hari alias gaya hidup. Buat kamu para pria, beberapa perubahan gaya hidup bisa menjadi penolong untuk mengatasi masalah kesuburan.

Salah satunya adalah dengan mengonsumsi sejumlah makanan tertentu yang mampu meningkatkan kualitas dan kuantitas sperma. Dilansir dari simpleheartrecipes.com, berikut beberapa makanan yang secara alami mampu meningkatkan kualitas sperma. Apa saja? Berikut ulasannya.

1. Coklat Hitam

Cokelat hitam murni alias dark chocolate mengandung asam amino dan antioksidan yang tinggi. Kandungan ini terbukti ampuh melipatgandakan jumlah sperma dan volume air mani.

Antioksidan juga mampu menangkal radikal bebas yang berpengaruh pada kesuburan pria. Cokelat hitam juga mengandung L-Agrinine, yang dikenal baik untuk meningkatkan aliran darah ke organ reproduksi laki-laki.

2. Pisang

Pisang adalah buah yang kaya akan kandungan vitamin A, C, dan B1 yang membantu meningkatkan produktivitas sperma.

Selain itu, pisang juga mengandung enzim langka yang disebut bromelain. Enzim ini diketahui dapat mengatur hormon seks pria, serta meningkatkan kemampuan pergerakan sperma setelah dilepaskan.

3. Telur

Telur mungkin menjadi makanan yang ditemui hampir pada setiap rumah, ya.

Protein hewani ini juga menjadi andalan banyak orang karena harganya relatif murah, praktis, dan enak. Dikenal tinggi protein dan vitamin E, telur dapat melindungi sperma dari radikal bebas yang menyebabkan volume sperma berkurang.

Selain itu, kandungan asam lemak omega-3 yang juga terkandung pada telur dapat membantu meningkatkan jumlah, motilitas (gerak sperma), hingga bentuk dari sperma.

Asam lemak Omega-3 juga dapat meningkatkan aliran darah ke organ reproduksi di dalam tubuh.

4. Brokoli

Brokoli kaya akan vitamin A yang mampu meningkatkan gerak sperma setelah dilepaskan.

Perlu diketahui, tubuh yang kekurangan vitamin A membuat gerak sperma jadi melamban, sehingga tidak mampu membuahi sel telur dengan sempurna. Selain itu, brokoli juga mengandung asam folat, atau yang dikenal juga sebagai vitamin B9.

Asam folat merupakan nutrisi penting untuk wanita hamil, sekaligus menunjang kesuburan pria.

5. Kacang dan Biji-bijian

Makanan berikutnya yang bagus untuk kualitas sperma adalah kacang dan biji-bijian. Diketahui, makanan ini memiliki sejumlah nutrisi yang baik untuk sperma.

Pos terkait