Cemas Baca Berita Corona, Ini 4 Cara Mengatasinya

Jangan lupa untuk mencari berita positif terkait pandemi coronavirus agar kesehatan mental Anda tetap terjaga. Pasalnya, pada saat kesusahan, fokus kita sering berpusat pada apa yang bisa salah dan hal buruk apa yang mungkin terjadi. Meskipun mengambil tindakan pencegahan, kekhawatiran masih ada di sana.

Apalagi saat beragam berita buruk dapat menjangkau kita lebih mudah lewat media sosial. Jangan sampai Anda dipenuhi dengan berita bahaya COVID-19 yang dilebih-lebihkan.

Bacaan Lainnya

Maka itu, carilah berita-berita positif yang dapat membantu mengatasi kecemasan terkait COVID-19. Coba tingkatkan usaha untuk mendapatkan berita yang positif dan akurat. Cari di situs terpercaya dan jangan melahap informasi yang disebar di media sosial atau di grup whatsapp yang belum diketahui kebenarannya.

Perkembangan berita soal COVID-19 terus berjalan. Ketika dunia mulai terbiasa dengan perkembangan COVID-19, ada banyak informasi bermanfaat. Anda bisa mencari informasi dari situs-situs terpercaya bagaimana menjaga kesehatan dan mencegah paparan COVID-19.

4. Memakai aplikasi yang membantu mengurangi stres

Jika Anda sudah menjalani beberapa tips di atas dan masih merasa sedikit cemas akibat berita coronavirus yang berpengaruh terhadap kesehatan mental, cobalah memanfaatkan teknologi.

Mengelola stres dan cemas ternyata berpengaruh pada kualitas tidur dan serangan panik yang tentu mengganggu kehidupan sehari-hari. Maka itu, terapi dengan psikolog dapat menjadi bantuan yang cukup berguna.

Namun, saat pandemi coronavirus sedang berlangsung tentu akan sulit untuk menemui psikolog. Maka itu, cobalah untuk memanfaatkan beberapa aplikasi agar perasaan cemas berkurang dan pikiran tidak berisi hal-hal negatif, seperti:

– Headspace, aplikasi meditasi untuk meningkatkan fokus dan mengelola stres
– Calm, panduan meditasi yang dilengkapi dengan suara alam agar tidur lebih nyenyak
– Colorfly, aplikasi mewarnai untuk orang dewasa untuk mengalihkan perhatian
– Dare, menghadapi rasa cemas dengan merekam diri sendiri

Membaca berita tentang coronavirus adalah salah satu cara agar tetap waspada, tetapi terlalu berlebihan ternyata juga berpengaruh terhadap kesehatan mental Anda.

Maka itu, agar tidak merasa cemas ketika membaca kabar terbaru tentang pandemi ini, cobalah untuk mengatasi rasa cemas tersebut.(HelloSehat/rs)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *