Cara Menjaga Ginjal Agar Tetap Sehat, Buruan Dicoba Yuk

Ilustrasi penyakit ginjal
Ilustrasi penyakit ginjal-pixabay-

JAKARTAGinjal merupakan organ penting yang menyaring zat beracun. Jika ginjal tidak dijaga dengan baik maka akan berisiko alami gangguan. Ginjal bertugas untuk menyaring darah dan ginjal juga berfungsi menghilangkan racun.

Jika ginjal tidak dijaga dengan baik, maka dapat menyebabkan penyakit ginjal kronis (CKD) dan akhirnya gagal ginjal. Seperti dilansir dari laman The South African via PMJ NEWS, berikut lima cara menjaga ginjal agar tetap sehat.

Bacaan Lainnya

1. Jaga Pola Makan

Jaga pola makan Anda sealami mungkin dengan membatasi makanan dengan aditif seperti makanan olahan misalnya, pai, kue kering, sosis, burger, dan makanan siap saji. Alih-alih fokus pada berbagai macam sayuran dan buah-buahan segar, biji-bijian, sejumlah kecil lemak sehat, dan protein tanpa lemak.

2. Konsumsi Makanan Serat

Serat berkontribusi untuk meningkatkan profil mikrobioma usus. Ini meningkatkan bakteri usus yang sehat dan mengurangi bakteri tidak sehat. Setiap hari makanlah setidaknya dua sampai tiga porsi buah segar (hindari jus buah) dan dua sampai tiga porsi sayuran. Tingkatkan asupan kacang-kacangan seperti kacang-kacangan dan lentil, serta biji-bijian terutama gandum, potongan roti gandum, dan sereal.

3. Kurangi Asupan Garam

Hindari penambahan garam di meja dan makanan saat memasak. Hindari juga makanan asin seperti keripik dan produk makanan olahan lainnya. Hindari menggunakan bumbu campuran asin seperti BBQ dan bumbu ayam.

Ada baik gunakan rempah-rempah alami untuk menambah rasa pada makanan Anda seperti jinten, ketumbar, merica, kunyit, paprika, bubuk cabai, bawang putih segar, jahe, jus lemon, peterseli, seledri, dan rempah-rempah lainnya.

4. Konsumsi Protein

Jika Anda ingin mencegah penyakit ginjal, berhati-hatilah untuk tidak mengonsumsi protein dalam jumlah berlebihan secara teratur. Pilih pilihan protein rendah lemak seperti susu rendah lemak, ayam tanpa kulit, ikan, dan daging tanpa lemak. Masukkan lebih banyak protein nabati dari kacang-kacangan, lentil, kedelai, kacang-kacangan, selai kacang, dan buncis dalam diet keluarga Anda.

5. Kurangi Asupan Gula

Batasi gula dan makanan manis dalam diet Anda terutama yang berasal dari minuman dingin, permen, dan cokelat. Ini berkontribusi pada energi yang tidak perlu untuk diet dan dapat menyebabkan perkembangan CKD. Dilansir dari alodokter, penyebab penyakit ginjal bisa beragam, tergantung pada jenisnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.