9 Tanda Orang Mengalami Stres yang Tidak Disadari, Mudah tersinggung!

Ilustrasi: Stres (pexels)
Ilustrasi: Stres (pexels)

JAKARTATanda Stress adalah sebuah respon atau reaksi dari tubuh kita saat menerima rangsangan yang tidak terkontrol. Stres dapat mempengaruhi emosi kita, tubuh kita, dan cara kita berperilaku, dalam berbagai cara.

Saat anda merasa terancam, reaksi kimia terjadi di tubuh anda yang memungkinkan Anda bertindak untuk mencegah cedera. Reaksi ini dikenal sebagai “fight-or-flight” atau respons stres.

Bacaan Lainnya

Selama respons terhadap stres, detak jantung Anda meningkat, pernapasan menjadi lebih cepat, otot menegang, dan tekanan darah meningkat. Anda sudah siap untuk bertindak. Begitulah cara tubuh kita melindungi diri kita.

Terkadang ketika kita sedang stres, kita mungkin bisa langsung mengetahuinya. Namun di lain waktu, kita mungkin terus merasakan stres tanpa mengenali tanda-tandanya.

Respon stres ini terjadi untuk membantu mengelola emosi yang kita rasakan. Jika berlangsung dalam jangka pendek memberikan dorongan kewaspadaan yang dibutuhkan. Namun jika berlangsung lama dan menjadi kronis dapat membuat tubuh kita menjadi lelah.

Berikut ini adalah tanda tan seseorang mengalami stres yang dikutip dari WebMd (1/2).

1. Mudah tersinggung dan gampang marah

Mudah tersinggung adalah salah satu ciri stres yang jarang disadari. Ketika seseorang stres, tubuhnya melepaskan hormon stres, seperti kortisol dan adrenalin. Hormon-hormon ini dapat menyebabkan berbagai efek fisik dan emosional, termasuk mudah tersinggung.

2. Menghindari orang lain

Seseorang yang sedang mengalami stres akan menjauhi orang lain atau menarik diri dari lingkungan. Mereka mungkin sulit berinteraksi dengan orang lain atau dan akhirnya menghindar dari situasi sosial.

3. Mengonsumsi zat yang buruk

Stres dapat mempengaruhi kebiasaan pribadi, seperti merokok atau mengonsumsi alkohol lebih dari biasanya. Ini dapat menjadi bentuk koping yang tidak sehat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *