6 Manfaat Garam Bagi Tubuh, Cegah Tekanan Darah Rendah

ILUSTRASI garam dapur sebagai salah satu bahan utama untuk membumbui masakan. Terlalu banyak konsumsi garam dalam keseharian dapat memicu hipertensi. -Lorena Martinez-Pexels
ILUSTRASI garam dapur sebagai salah satu bahan utama untuk membumbui masakan. Terlalu banyak konsumsi garam dalam keseharian dapat memicu hipertensi. -Lorena Martinez-Pexels

JAKARTA — Tahukah kamu jika mengonsumsi garam bisa memiliki manfaat yang baik bagi tubuh? Sudah bukan rahasia lagi, garam menjadi salah satu bumbu dapur yang hampir selalu ada di setiap masakan.

Namun, bagi sebagian orang mungkin menghindari garam lantaran takut akan terkena darah tinggi. Tapi sebenarnya, garam juga memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh.

Bacaan Lainnya

Asalkan tetap berada pada batas aman menurut Kementerian Kesehatan, yaitu sebanyak 5 gram/orang/hari (1 sendok teh/orang/hari) atau setara 2000 mg natrium/orang/hari.

Lantas, apa saja manfaat garam bagi tubuh?

Langsung saja simak informasinya di bawah ini.

6 Manfaat Konsumsi Garam Bagi Tubuh

1. Mencegah Penyakit Gondok

Garam mengandung yodium yang dapat mencegah penyakit gondok. Tanpa jumlah yodium yang cukup, kelenjar tiroid akan membengkak karena permintaan tubuh untuk terus memproduksi hormon tiroid.

Pembengkakan kelenjar tiroid berakibat pada perubahan bentuk leher. Leher akan ikut membengkak atau muncul benjolan. Selain itu, tubuh membutuhkan hormon tiroid untuk perkembangan otak dan struktur tulang belakang pada perkembangan awal anak.

Jika ibu hamil atau menyusui kekurangan yodium, maka keterbelakangan mental pada anak dapat terjadi.

2. Mencegah Tekanan Darah Rendah

Mengonsumsi garam dalam jumlah yang cukup dapat mencegah tekanan darah rendah atau hipotensi. Kondisi ini dapat menimbulkan gejala berupa pusing, mual, pandangan kabur, hingga pingsan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *