Cabai dan Beras Premium di Pasar Palabuhanratu Sukabumi Naik 

Pasar Pelabuhanratu Sukabumi
Suasana pasar Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi

PALABUHANRATU – Pasca pencoblosan pemilihan presidan, dan pemilihan legislatif dalam pemilu 2024 harga cabai merah besar dan juga beras jenis premium merangkak naik di PSM (Pasar Semi Modern) Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi.

Dimana kata pencatat harga kebutuhan pokok dan penting di PSM Palabuhanratu Maulana mengatakan, harga cabai merah besar pada pekan ini tembus Rp 100ribu per Kg dari harga pekan pekan sebelumnya Rp 70 -80 ribu per Kg, sementara harga beras Premium naik menjadi Rp 17ribu per Kg yang awalnya Rp 14 -15 ribu per Kg.

Bacaan Lainnya

Dijelaskan Maulana, berdasarkan hasil wawancara dengan para pedagang di PSM Palabuhanratu untuk harga cabai yang mengalami kenaikan sudah terjadi sejak sebelum awal tahun baru atau di bulan Desember 2023 lalu.

“Sampai hari ini tidak ada perubahan signifikan, harganya sekarang tembus Rp 100ribu, kalau untuk kenaikan harga beras sejak sepekan kemarin, 1 Februari 2024 sudah naik sampai sekarang Rp 17ribu per Kg, kalau per liter 14 -15 ribu,” ungkapnya. Selasa, (20/2).

“Tapi memang sekarang secara nasional harga beras memang lagi naik, dampak karena gagal panen, juga kemungkinan, karena musim penghujan akhirnya stok berkurang, tidak banyak kurangnya, biasa pengambilan dari Jakarta,” imbuhnya.

Namun secara keseluruhan, lanjut Maulana untuk harga kebutuhan pokok dan penting di PSM Palabuhanratu hingga saat ini masih normal, bertahan di harga seperti pekan pekan sebelumnya, salah satunya daging ayam, telur, daging sapi dengan stok tidak terlalu banyak.

“Kemarin kita sidak kelapangan, pedagang di PSM Palabuhanratu tidak beli produksi di Banten dan Jampang karena sudah tidak ada, sekarang mereka mengambil stok dari luar itu seperti Demak, Jawa timur. Cirebon, tapi tidak banyak,” jelasnya.

“Ditambah pemerintah sekarang mengeluarkan beras dengan harga murah, satuan pasokan harga pangan (SPHP) per Kg Rp 10.600,” ucapnya.

Masih kata Maulana, harga harga lainnya yang masih normal yakni beras medium masih dikisaran Rp 16ribu per Kg, beras SPHP Rp 10.900 per Kg, gula Pasir Rp 17ribu per Kg, minyak goreng Curah Rp 16ribu per Kg, Minyak goreng premium Rp 18ribu per Kg, Daging sapi Rp 125ribu per Kg, Daging Kerbau Rp 130ribu per Kg, Daging ayam Rp 38ribu per Kg, Telur Ayam Rp 28ribu per Kg.

Selain itu, kata Maulana lagi cabai merah kriting Rp 70ribu per Kg, cabai rawit merah Rp 30ribu per Kg, cabai rawit hijau Rp 80ribu per Kg, bawang merah Rp 30ribu per Kg, bawang putih Rp 37ribu per Kg.

“Insya allah kita akan pantau terus setiap hari, apalagi sekarang menjelang memasuki bulan ramadan, mengantisipasi kenaikam harga tidak wajar, mudah mudahan tidak ada lagi kenaikan harga kebutuhan pokok dan penting masyarakat,” tandasnya. (Ndi)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *