Ingin Membuat Fotomu Lebih Keren, Ini 7 Trik Fotografi dengan Smartphone 

salah satu rekomendasi smartphone dengan fitur kamera yang istimewa adalah huawei mate 40 pro yang memang dibekali spesifikasi kamera mengagumkan.

RADARSUKABUMI.com — Pernah merasa jika hasil jepretan foto dengan menggunakan smartphone yang Anda dimiliki kurang maksimal? Jika ya, barangkali, Anda perlu belajar lebih lanjut mengenai trik fotografi smartphone agar hasil foto yang didapatkan lebih keren sebagaimana yang diinginkan. Atau bahkan, bisa memiliki kualitas yang mirip dengan hasil jepretan DSLR.

Tidak dimungkiri bahwa cukup banyak pengguna smartphone yang hanya menggunakan kamera HP secara konvensional tanpa mengatur beberapa fitur dari kamera tersebut. Tentu saja, dengan pengaturan default, hasil jepretan foto yang dihasilkan pun cenderung biasa-biasa saja.

Nah, pada kesempatan kali ini akan dibahas tentang beberapa trik dan teknik fotografi HP yang bisa Anda terapkan untuk meningkatkan hasil foto dengan cukup signifikan. Apa saja trik dan teknik yang dimaksud? Cek ulasan selengkapnya!

7 Trik Fotografi Smartphone Bikin Foto Lebih Keren   

Sebagaimana disinggung di awal, ada beberapa trik foto yang bisa diterapkan untuk meningkatkan hasil jepretan kamera smartphone Anda. Nah, beberapa trik yang dimaksud di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Gunakan Rule of Third

Trik pertama untuk fotografi dengan smartphone adalah menggunakan rule of third. Fitur ini merupakan komposisi yang akan membagi foto menjadi tiga bagian secara horizontal dan vertikal. Artinya, dalam satu layar maka akan ada sembilan bagian.

Dengan menggunakan teknik ini, Anda bisa menentukan bagian frame foto dengan lebih maksimal. Tentu, lanskap pada foto bisa dimaksimalkan, terutama dari segi lebar foto. Trik ini bisa digunakan dengan cara mengaktifkan gridlines pada kamera smartphone Anda.

  • Mengenali Kemampuan Kamera

Untuk menghasilkan foto smartphone berkualitas terbaik, tentu Anda perlu mengenali kemampuan dari kamera itu sendiri. Ini sebenarnya adalah trik yang cukup simple dan sangat mendasar.

Cobalah cek mengenai megapixel atau resolusi yang tersedia di fitur kamera bawaan smartphone Anda. Dalam hal ini, atur resolusi tertinggi untuk mendapatkan hasil jepretan yang lebih baik.

  • Memaksimalkan Cahaya

Dengan cahaya yang maksimal, maka pencahayaan foto akan lebih baik dan foto akan terlihat lebih terang. Rumus ini harus Anda gunakan untuk mengambil gambar dengan menggunakan smartphone.

Cobalah untuk memaksimalkan sumber cahaya alami dan cari tempat yang tepat dengan pencahayaan yang bagus. Selain itu, tunjang dengan mengatur white balance dan kecerahan dari kamera. Di sisi lain, blitz memang bisa digunakan untuk memaksimalkan pencahayaan, namun bukan termasuk opsi yang sangat direkomendasikan.

  • Cari Fokus pada Objek

Agar hasil jepretan foto dengan smartphone lebih tajam, maka Anda perlu menjadi fokus pada objek. Untuk mendapatkannya, gerakkan smartphone secara manual ke arah objek. Nah, cara ini akan membuat fokus kamera lebih baik. Sebaliknya, hindari penggunaan zoom karena bisa menurunkan resolusi dari hasil foto.

  • Atur Shutter Speed

Opsi lain untuk trik fotografi smartphone yang bisa dicoba adalah mengatur shutter speed. Dengan mengatur shutter speed, maka persentase cahaya yang akan masuk dan dikontrol oleh kamera cenderung lebih stabil. Semakin lama shutter speed, maka semakin banyak cahaya yang akan diterima.

  • Atur Fitur ISO

ISO adalah salah satu fitur kamera yang juga penting dan sangat berpengaruh pada kualitas hasil jepretan kamera. Nah, untuk mendapatkan hasil jepretan yang maksimal, Anda perlu mengatur ISO pada kamera smartphone yang digunakan. Pengaturan ISO sendiri bergantung pada cahaya yang ada di sekitar objek.

Terkait pengaturan ISO, jika cahaya di sekitar objek sudah cukup, maka atur ISO dengan angka yang lebih rendah. Sebaliknya, jika ternyata cahaya sekitar objek kurang mencukupi, tingkatkan angka ISO.

  • Gunakan HDR

Menggunakan HDR juga bisa dijadikan teknik fotografi HP Android demi hasil jepretan yang maksimal. Fitur yang satu ini secara otomatis dan dinamis akan mengatur pencahayaan kamera di sekitar objek. Jika HDR diaktifkan, maka foto akan cenderung terlihat lebih terang.


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *