Bisnis Indosat selama 9B23 Luar Biasa, Koneksi Bebas Kendala di Mana pun

APRESIASI JURNALISTIK INDOSAT 2023
TRANSFORMASI DIGITAL: Community manager Indosat Marvelous Xperience Center, Meylin Chisilia sedang menjelaskan salah satu keunggulan dari layanan yang tersedia di Indosat MXC pada saat kunjungan Journalist Jabo & Jakarta Inner di Indosar MXC, pada Kamis (14/09/2023).(sri/radarsukabumi)

SUKABUMIPT. Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) sebagai salah satu provider terbesar di Indonesia, terus mengembangkan inovasinya sebagai upaya peningkatan kinerja perusahaan demi meningkatkan kualitas layanan ke pelanggan.

Sebagai perusahaan publik yang berkonsentrasi bisnis di bidang telekomunikasi, menuntut pelayanan maksimal dari semua komponen yang berada di dalamnya. Tentu saja dampak yang ditimbulkan atas kualitas pelayanan adalah imbalan yang sebanding dengan kinerja yang telah dilakukan semua karyawan.

Bacaan Lainnya

IOH sudah mampu keluar dari percobaan pertama pascamerger dengan hasil yang memuaskan, terutama dari sisi bisnis yang dikelolanya. Sehingga di tahun 2023 ini, mendapatkan kesuksesan yang luar biasa. IOH kembali mencatatkan kinerja keuangan yang luar biasa solid pada sembilan bulan terakhir hingga 30 september 2023, termasuk peningkatan yang signifikan pada total pendapatan dan EBITDA secara Year-on-Year (YoY).

Keberhasilan bisnis pada kuartal pertama 2023, IOH mencatatkan total pendapatan Rp24,7 triliun pada semester I 2023 atau meningkat 10% dibanding tahun lalu (Year-on-Year, YoY). Pertumbuhan pendapatan yang kuat tersebut dikontribusi oleh kinerja positif dari semua lini bisnis perusahaan.

Pendapatan selular naik 8,4%, sementara itu pendapatan multimedia, Data Communication, and Internet (MIDI) bertambah 15,7%, serta layanan telekomunikasi tetap yang bertumbuh 25,9% YoY.

Selanjutnya, pertumbuhan kinerja topline yang solid mampu menghasilkan peningkatan EBITDA yang kuat sebesar 24% YoY menjadi Rp11,4 triliun, dengan marjin EBITDA mencapai 46,1% pada semester pertama 2023. Adapun Laba Periode Berjalan yang dapat didistribusikan kepada pemilik entitas induk tercatat sebesar Rp1,9 triliun.

Demikian juga, sepanjang sembilan bulan pertama tahun 2023 (9B23), Indosat membukukan total pendapatan sebesar Rp37,4 triliun, meningkat 8,5% YOY, didorong oleh beragam lini bisnis mulai dari selular, MIDI, dan Fixed Telecom.

Kombinasi dari pertumbuhan pendapatan dan optimalisasi biaya, berdampak pada peningkatan EBITDA sebesar 24,0% YoY menjadi Rp17,4 triliun dan menghasilkan marjin EBITDA yang mencapai 46,6% di 9B23 dan yang dapat didisribusikan kepada  pemilik entitas induk mencapai Rp2,7 triliun.

Lewat capaian ini, Indosat mencatat rekor baru dengan membukukan laba bersih positif selama sebelas kuartal berturut-turut.

Presiden Director and CEO Indosat Ooredoo Hutchison, Vikram Sinha mengatakan tentu saja hal ini membuat bangga, karena IOH mampu mencatatkan kinerja keuangan dan operasional yang kuat selama 9B23, termasuk membukukan laba bersih positif selama sebelas kuartal berturut-turut.

“Kinerja kami didorong oleh komitmen menjadi yang terbaik, strategi Go-to-Market yang terencana, serta fokus tak tergoyahkan untuk memberikan marvelous experience bagi pelanggan. Skala dan kinerja ini memungkinkan kami untuk menggapai tujuan yang lebih besar, yakni menghubungkan dan memberdayakan masyarakat Indonesia dengan mempercepat transformasi digital bangsa,” tutur Presiden Director and CEO Indosat Ooredoo Hutchison, Vikram Sinha kepada Radar Sukabumi, baru-baru ini.

Orang nomor satu di IOH ini tidak lupa memyampaikan bahwa kesuksesan Indosat pada tahun pertama pascamerger merupakan hasil dari kerja keras karyawan, kolaborasi strategis dengan para mitra, kesetiaan para pelanggan dan kepercayaan yang diberikan oleh para pemegang saham.

“Kami menyampaikan terimakasih atas dukungan yang tidak pernah berhenti agar Indosat dapat menghadirkan pengalaman telekomunikasi digital berkelas dunia, menghubungkan, dan memberdayakan masyarakat Indonesia,” ujarnya.

Capaian keberhasilan bisnis IOH dalam membukukan laba yang demikian luar biasa, tentu saja dibarengi dengan terobosan dan langkah-langkah pendukung, baik untuk tataran intenal maupun eksternal. Dari sisi internal, antara lain percepatan integrasi jaringan deegan teknologi Multi Operator Core Network (MOCN) dan  mulai menunjukkan hasilnya.

Indosat mencatat pertumbuhan total pelanggan berkualitas sebesar 4% atau 3,8 juta YoY menjadi 100 juta dengan peningkatan pendapatan rata-rata per pengguna (Average Revenue Per User, ARPU) Perseroan menjadi Rp35.800 pada kuartal kedua dan trafik data meningkat sebesar 16,8% YoY atau lebih dari 7.000 Petabyte.

Seluruh peningkatan layanan tersebut ditopang oleh lebih dari 215 ribu total BTS pada semester I 2023 yang meningkat 8,5% YoY, dengan 167 ribu merupakan BTS 4G.

“Percepatan integrasi MOCN yang dikombinasikan dengan strategi Go-to-Market yang tepat, membawa kami pada jalur yang tepat dalam memberikan pengalaman terbaik kepada seluruh pelanggan. IOH ingin terus menjadi kolaborator utama dalam mempercepat transformasi digital Indonesia untuk membuka peluang tanpa batas dan memaksimalkan potensi yang ada di masyarakat,” jelas Vikram.

Pihak IOH juga makin memperkuat jaringan 4G, teruntuk di wilayah Nusa Tenggara Timur,  memperluas inklusi digital dan membuka peluang tak terbatas bagi masyarakat.

Sampai sekarang jaringan Indosat telah menjangkau lebih dari 80% populasi di seluruh Nusa Tenggara, dengan penambahan pemancar jaringan (site) yang meningkatkan kapasitas mobile internet hingga dua kali lipat dibandingkan tahun lalu.

Sehingga dengan demikain, Indosat dapat terus memperluas jaringan ke wilayah pedesaan yang belum terlayani di Indonesia Timur dalam rangka menutup kesenjangan digital.

Sedangkan terobosan lain yang dilakukan pihak IOH telah meluncurkan kemitraan baru dengan International Telecommunication Union (ITU) dan Digital Transformation Centres Initiative (DTCI), untuk memperkuat literasi digital dan memfasilitasi pelatihan keterampilan digital bagi masyarakat terpencil dan kurang terlayani di Indonesia.

”Kami menilai kemitraan merupakan pilar utama dari pendekatan IOH untuk memberdayakan Indonesia secara digital, kami mengumumkan kemitraan baru dengan Cisco,” ungkapnya.

Itu dilakukan untuk memperkenalkan kursus pelatihan keamanan siber Cisco Networking Academy ke dalam program pelatihan IDCamp Indosat yang sukses setiap tahunnya.

“Kami optimis bahwa bisnis memiliki peran penting dalam menciptakan dunia lebih baik dan lebih berkelanjutan. Indosat akan terus mengembangkan berbagai inisiatif di bawah kerangka kerja lingkungan, sosial, dan Tata Kelola (ESG),” ulasnya.

Perusahaan mengambil langkah-langkah untuk mengurangi emisi dan konsumsi energi, termasuk melalui pemasangan panel surya, baterai yang efisien, dan mode sleep cell di seluruh jaringan BTS.

Sejalan dengan itu, IOH terus memperkuat program-program tanggung jawab sosial perusahaan, termasuk IDCamp dan SheHacks, yang memperluas inklusi dan kesetaraan digital dan gender.

Terakhir, Indosat juga secara aktif memperkuat sistem privasi dan perlindungan data untuk memastikan bahwa sistem tersebut memenuhi standar tertinggi dan selaras dengan komitmen perusahaan untuk menjadi yang terbaik.

“Kami optimis telah berada di jalur yang tepat untuk mentransformasi Indosat dari perusahaan telco menjadi techco, dan memimpin transformasi digital di industri ini. Dengan semangat gotong royong, kami akan melanjutkan perjalanan tanpa batas dalam memberdayakan Indonesia dan mendukung Indonesia berada di garis depan dalam perjalanan transformasi digital di kawasan Asia Tenggara,” jelas Vikram.

Pencapain IOH yang luas biasa selama tahun 2023 ini tentu dapat dicapai dengan berbagai terobosan yang dilakukan oleh keluarga besar IOH, baik manajemen maupun para karyawan.

Keberhasilan IOH dalam menjalankan bisnis, bukan saja berbuah pada pendapatan yang naik secara signifikan, namun juga mendapat pengakuan dari dunia internasional dengan meraih pengahargaan Gold dalam ajang Stevie International Business Award (IBA) 2023 untuk kategori HR Department of the Year oleh lembaga pemberi penghargaan terkemuka berskala internasional, Stefie Award, atas keberhasilan Indosat mengelola dan meningkatkan sumber daya manusia pascamerger di awal 2022.

Dimana pada proses seleksinya melibatkan lebih dari 230 juri profesional dari berbagai profesi di seluruh dunia. Hal ini tentu saja deretan pengakuan dan apresiasi internasional terkait pengelolaan sumber daya manusia yang telah diperoleh pada tahun 2023 ini.

Director and Chief Human Resources Officer IOH, Irsyad Sahroni mengutarakan bahwa penghargaan ini merupakan persembahan untuk seluruh karyawan IOH atas dukungan dan partisipasinya dalam mewujudkan semua gagasan serta inisiatif perusahaan.

“Pada masa transisi pascamerger ini, kami memprioritaskan pada perhatian penuh terhadap kebutuhan karyawan, namun juga harus tetap fokus pada pertumbuhan bisnis. Indosat berupaya untuk terus memastikan tiap lini bisnis tetap berjalan lancar dan relevan, dengan mengutamakan kesesuaian size, shape, structure, dan people dalam perusahaan,” beber Irsyad.

Apa yang sudah dicapai oleh IOH ini menajdi dasar penilaian para juri atas stigma besarnya potensi kegagalan pascamerger dari dua perusahaan yang sebelumnya menjadi kompetitor.

Kesuksesan ini diperoleh Indosat dengan menempuh cara pendekatan proaktif dan persiapan holistik yang mendalam.  Persiapan penyatuan sejak awal melibatkan teknologi canggih dengan menerapkan RPA (Robotic Process Automation) berbasis data, komunikasi empatik dan transparan, tanpa menyampingkan sisi kemanusiaan.

“Dengan perjuangan yang keras, pada akhirnya kami mampu menghilangkan perspektif negatif terhadap rightsizing pascamerger untuk kemudian dapat diterima oleh semua pihak secara utuh, mendapat tanggapan positif di media, dan yang terpenting, tidak mengganggu jalannya bisnis itu sendiri,” ungakpnya.

Perhatian penuh yang dilakukan oleh IOH bukan hanya kepada para karaywan saja, namun lebih jauh kepada sistem pendukung utama karyawan, yaitu keluarga. Untuk pertama kalinya setelah pasca merger, Indosat mengadakan Family Fest di sembilan kota besar di Indonesia secara serentak, dengan dihadiri lebih dari 14 ribu karyawan beserta keluarga mereka, untuk bersama-sama merayakan suka-cita satu tahun kebersamaan di Indosat.

“Kami berkomitmen untuk terus mengembangkan budaya kerja positif untuk menjawab segala tantangan yang akan hadir di masa depan, demi mewujudkan misi perusahaan dalam menghadirkan pengalaman digital kelas dunia, menghubungkan dan memberdayakan masyarakat Indonesia,” terang Irsyad.

ILUSTRASI: IOH senantiasa memberikan layanan telekomunikasi dengan jaringan cepat, stabil dan aman.(Ist)

ILUSTRASI: IOH senantiasa memberikan layanan telekomunikasi dengan jaringan cepat, stabil dan aman.(Ist)

Jaringan Indosat Terkenal Anti Lelet dan Murah di Sukabumi

Sementara itu, kepuasan juga tampak pada salah satu pelanggan IOH yang Radar Sukabumi wawancarai. Arif Hidayat asal Kelurahan Gedongpanjang Kecamatan Citaming Kota Sukabumi mengatakan, sampai saat ini mengaku puas atas kinerja dan jaringan IOH di Sukabumi, Jawa Barat (Jabar).

“Saya sudah menjadi pelanggan setia Indosat kurang lebih 26 tahun dan sekian lama puas dengan keberadaan di Sukabumi. Memang kalau gangguan pasti ada, namun yang saya rasakan tidak pernah lama. Setelah itu jaringan stabil lagi. Jadinya saya puas dan insya Allah akan mempergunakan produk unggulannya Indosat ini terus, pokoknya bagi saya dan keluarga layanan IOH nomor wahid di Sukabumi area,” jelasnya.

Arif yang juga pelaku UMKM di kota dengan julukan Kota Mochi itu membeberkan beberapa keunggulan selama mempergunakan produk IOH khususnya Indosat dalam berbagai keperluan. Terutama untuk berkomunikasi dengan mitra bisnisnya serta pada saat browsing internet, maupun untuk membuka media sosial (medsos). Baginya selama itu pula merasa nyaman dan tidak lemot.

”Disini (Sukabumi,red) jaringan Indosat juara dan stabil, kecepatan dalam browsing lumayan cepat, anti lelet. Pokoknya dengan Indosat Ooredoo Hutchison saya sangat puas. Saya hanya berpesan kepada manajemen Indosat supaya tetap mempertahankan kualitas jaringan, terutama di Sukabumi dan pegawai untuk tetap sopan dan sabar menghadapi pelanggan. Di Sukabumi, saya yakin, IOH pasti nomor satu dan tetap pertahankan semuanya, pastinya yang paling penting paket data Indosat itu harganya murah, jadi kita bisa tambah menghemat pengeluaran,” pungkasnya. (sri)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *