Belanja di Pasar Cibadak Sukabumi Kini Tinggal Klik pasar.id

Launching pasar.id di Pasar Cibadak Sukabumi
SERBA DIGITAL: Pinca BRI Cibadak, Hamid Rusdianto (kiri) saat melaunching pasar.id di Pasar Cibadak Kabupaten Sukabumi, Kamis (23/6/2022).

SUKABUMI – Di era kenormalan baru setelah lebih dari 2 tahun pandemi Covid-19 melanda semua aspek kehidupan masyarakat, menuntut semua pihak untuk mampu bergerak secara kreatif dan inovatif agar dapat berjalan seperti sedia kala. Melihat kondisi tersebut, PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Kantor Cabang (Kanca) Cibadak dengan sigap melakukan berbagai terobosan serta inovasi, untuk meningkatkan kualitas serta mempermudah pelayanan kepada masyarakat.

Tepatnya Kamis (23/6/2022), bank plat merah yang beralamat di Jl. Suryakencana No.30 Kelurahan/Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi tersebut meluncurkan layanan transaksi jual beli online dengan brand pasar.id di Pasar Cibadak Kabupaten Sukabumi.

Bacaan Lainnya

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Pemimpin Cabang (Pinca) BRI Cibadak Hamid Rusdianto dan jajaran, Kepala Bagian (Kabag) Perekonomian pada Sekretariat Daerah Kabupaten Sukabumi Puji Widodo, Kabid Pengembangan Ekspor Standarisasi dan Pemasaran Produk Dalam Negeri Ela Nurlaela, Kabid Sarana Distribusi dan Stabilisasi Harga Bahan Pokkok dan Kebutuhan Penting Yat Hidayat, Kepala UPTD Pasar Kabupaten Sukabumi Wawan Suherman, Kepala UPTD Pasar Cibadak Darwis S, Kepala Perwapas Pasar Cibadak Ule, dan para pedagang Pasar Cibadak.

Berdasarkan pantauan Radar Sukabumi, Pasar Cibadak ini menjadi pilot project salah satu program terobosan yang dilakukan oleh BRI Cabang Cibadak, yang bertujuan untuk mendorong para pedagang pasar tradisional beradaptasi di masa kenormalan baru yang diterapkan oleh pemerintah salah satunya dengan cara bertransaksi secara daring antara pedagang pasar dan pembeli.

Pemimpin Cabang (Pinca) BRI Cibadak, Hamid Rusdianto menegaskan bahwa launching pasar.id di Pasar Cibadak Kabupaten Sukabumi ini merupakan wujud nyata BRI Cabang Cibadak dalam keikutsertaannya menyukseskan program pemerintah pusat yaitu meningkatkan perekonomian masyarakat dalam program penyelamatan ekonomi nasional.

“pasar.id ini adalah terobosan baru yang dilakukan Bank BRI dalam mendigitalisasi perdagangan pasar tradisional, yaitu dengan cara memfasilitasi para pedagang pasar untuk melakukan transaksi jual beli dengan pembeli atau konsumennya atau dengan kata lain pasar.id ini adalah cara baru berbelanja di pasar tradisional,” tutur Pinca BRI Cibadak, Hamid Rusdianto kepada Radar Sukabumi usai launching pasar.id di Pasar Cibadak Kabupaten Sukabumi.

Dengan adanya pasar.id, masyarakat semakin dimudahkan karena mereka yang ingin berbelanja kini tidak usah repot lagi datang ke pasar. Mereka tinggal memesannya melalui layanan transaksi jual beli online ini via smartphone.

“Jadi berbelanja di Pasar Cibadak sekarang tinggal klik barang yang diinginkan di pasar.id, untuk itu kami berharap platform digital yang sudah menjadi budaya di kalangan masyarakat harus dapat dimanfaatkan oleh semuanya. Selain memudahkan juga meringankan masyarakat dalam berbelanja,” ujarnya.

Orang nomor satu di BRI Kanca Cibadak ini menambahkan, para pedagang dan masyarakat yang mau berbelanja tidak perlu bertemu secara langsung di pasar, karena sudah dapat dijangkau melalui aplikasi pasar.id.

“Saat ini Covid-19 belum juga hilang, meskipun sudah ada kelonggaran dalam beraktivitas namun kita juga harus tetap waspada supaya wabah ini tidak merebak lagi. Masyarakat tinggal mengakses platform pasar.id dan tinggal memesan produk yang diinginkan, nah nanti barang belanjaan yang sudah dipesannya akan diantarkan oleh kurir khusus pasar.id yang telah disiapkan,” ungkapnya.

BRI Cibadak
Foto bersama Kabag Perekonomian pada Sekretariat Daerah Kabupaten Sukabumi Puji Widodo dan tamu undangan dalam launching pasar.id.

Dalam pengelolaan pasar.id, pihak BRI tidak sendirian. Pihaknya menggandeng pihak pengelola pasar, pedagang pasar tradisional, admin pasar yang bertugas untuk mendata orderan pelanggan, dan kurir yang bertugas untuk mengantarkan pesanan pelanggan. “Di Pasar Cibadak juga kami menempatkan mantri yang bertugas dan bertindak sebagai pengelola dan penyalur yang memudahkan para pedagang di sini dalam berjualan secara online,” terangnya.

Menurut Hamid, apa yang dilakukan BRI Cabang Cibadak merupakan semangat untuk berkontribusi dan sumbangsih BRI dalam membangun Kabupaten Sukabumi dan membantu para pedagang dalam melakukan aktivitas berjualan.

“Kami ingin semuanya dapat survive pasca Pandemi Covid-19 sehingga dengan begitu dapat meningkatkan perekonomian daerah,” tandasnya.

Launching pasar.id mendapat respon positif dari Pemerintah Kabupaten Sukabumi. Kabag Perekonomian pada Sekretariat Daerah Kabupaten Sukabumi, Puji Widodo yang hadir pada kegiatan tersebut mewakili Wakil Bupati Sukabumi, Iyos Sumantri mengapresiasi apa yang telah dilakukan oleh BRI Cabang Cibadak terutama dalam melakukan pendampingan kepada para pedagang di Pasar Cibadak.

“Kami merespon dengan baik sekaligus berterimakasih kepada BRI Cabang Cibadak, karena terbukti telah turut serta dalam upayanya meningkatkan perekonomian daerah dan jelas ini juga selaras dengan program pemerintah pusat dalam digitalisasi ekonomi,” kata Puji dalam sambutannya.

Pihaknya mengajak masyarakat Kabupaten Sukabumi, baik para pedagang maupun pembeli untuk memanfaatkan platform pasar.id.

“Saya berharap sistem layanan dalam berbelanja yang ditawarkan oleh BRI Cibadak ini dapat diterima dengan baik oleh semua pihak ya, dan masyarakatnya juga perlu diberikan pemahaman terutama cara mengaksesnya,” imbuhnya.

Lebih lanjut Puji meminta BRI agar layanan transaksi jual beli online pasar.id jangan hanya berhenti sampai di Pasar Cibadak saja, melainkan juga harus secepatnya dikembangkan ke pasar lain yang ada di Kabupaten Sukabumi.

“Proses digitalisasi secepatnya berjalan dengan baik dan bisa dimanfaatkan pedagang pasar dan masyarakat, juga perlu ada pengembangan ke pasar yang lain yang tersebar di Kabupaten Sukabumi salah satunya Pasar Cicurug. Karena adanya pola perubahan ke arah digitalisasi ini, patut kita syukuri. Era globalisasi tidak bisa diingkari, kami harap para pedagang dan pembeli bisa memanfaatkan pasar.id milik BRI dengan sebaik-baiknya,” pungkasnya.(sri)

Pos terkait