3 Kawasan Jawa Barat Ini Sediakan Tempat Bermukim yang Menunjang Masa Pensiun Anda!

Ft Pixabay

Bicara tentang tujuan membeli properti untuk jangka panjang, bukan berarti tujuan tersebut hanya untuk berinvestasi saja. Misalnya untuk dijual kembali kelak atau dijadikan aset bisnis untuk disewakkan kembali. Beberapa pencari properti ada juga yang bertujuan membeli sekarang properti untuk kelak nantinya akan ditempati saat masa pensiun.

Praktik seperti ini di Indonesia biasanya dilakukan oleh para pencari properti yang sibuk beraktivitas di kota-kota besar, ibukota DKI Jakarta contohnya. Hiruk pikuk Jakarta yang luar biasa men-trigger mereka untuk mencari lokasi tempat tinggal masa pensiun di wilayah-wilayah yang lebih tenang.

Ada banyak preferensi dalam memilih lokasi tempat bermukim yang tenang. Bisa saja kampung halamannya ataupun lokasi lainnya.

Salah satu lokasi yang banyak dipilih untuk golongan pencari properti masa depan, adalah wilayah terdekat dengan Ibukota DKI Jakarta, yakni Jawa Barat. Beberapa kawasan di Jawa Barat dinilai sangat efektif untuk mendapatkan tempat bermukim di masa pensiun.

Setidaknya ada tiga wilayah di Jawa Barat yang sekiranya tepat untuk dipertimbangkan, misalnya Bogor, Garut, dan Pangandaran.

Bogor

Wilayah yang paling dekat dengan Ibukota ini sudah populer namanya dalam penyediaan hunian-hunian dengan kondisi lingkungan terbaik. Letak rumah dijual di bogor yang berada di kaki pegunungan (Gunung Salak dan Gunung Gede Pangrango), menciptakan nuansa asri dengan kualitas udara terbaik untuk bermukim. Kota hujan ini dalam beberapa tahun terakhir berhasil menyabet wilayah dengan kualitas udara terbaik dan bersih.

Ketersediaan rumah dijual di Bogor untuk dimiliki pun masih tergolong sangat banyak jika dilansir dari portal jual beli properti Lamudi.co.id. Tinggal pilihan hunian seperti apa yang dapat menjawab keinginan Anda.

Garut

Sama seperti Bogor yang menawarkan taraf hidup dengan kualitas udara baik dan diapit oleh pegunungan, masih ada wilayah lain di Jawa Barat yang mungkin menjadi opsi. Garut contohnya.

Wilayah seluas 3.074 km2 ini menghadirkan nuansa kota tenang dengan kondisi iklim sejuk yang sangat menunjang kehidupan di saat masa pensiun kelak. Meskipun tidak semodern Bandung atau Bogor, kota Garut tidak bisa dipandang sebelah mata dalam penyediaan fasilitas penunjang kehidupan. Beberapa fasilitas seperti moda transportasi umum, tempat perbelanjaan, kuliner, fasilitas kesehatan, hingga tempat wisata pun tersebar seantero kota penghasil dodol tersebut.

Saat ini, untuk mendapatkan tempat tinggal dengan banderolan terjangkau, harga termurah rata-rata rumah di Garut dengan desain yang modern dan nyaman untuk kehidupan jangka panjang dibanderol di kisaran Rp250 juta . Harga yang jauh lebih murah jika dibanding rumah dijual di Bogor atau Bandung dengan kualitas yang sama.

Salah satu kelebihan lain dibanding tinggal di Bogor dan Bandung, biaya hidup untuk tinggal disini tergolong lebih murah dan mungkin dapat mendukung Anda yang ingin hidup sederhana di masa tua.

Pangandaran

Jika membeli rumah dijual di Bogor atau di garut sedari dini akan mengarahkan kehidupan masa tua yang berdekatan dengan alam pegunungan yang asri, berbeda untuk wilayah yang satu ini.

Terletak di wilayah pantai selatan Pulau Jawa yang berbatasan dengan Samudera Hindia, Pangandaran menawarkan paket kehidupan yang sangat berdekatan dengan pantai dan beragam tempat berwisata. Sedari dulu Pangandaran diketahui sebagai salah satu destinasi wisata terbaik di Jawa Barat yang menghadirkan Pantai pasir putih dengan keanekaragaman biota lautnya.

Meskipun terletak terasing dari wilayah Jawa Barat lainnya, dalam beberapa tahun terakhir, Pangandaran menyulap dirinya menjadi kawasan kabupaten yang modern namun masih melekat kearifan lokalnya.

Saat ini harga yang dibanderol untuk hunian modern beach view disana dibanderol pada kisaran Rp5 milyar, tergolong murah dibanding pantai-pantai di Jogja atau Bali.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *