Tiga Roket Iraq Hantam Pangkalan Militer Amerika Serikat

  • Whatsapp
AP Photo

RADARSUKABUMI.com – Sedikitnya tiga roket Katyusha pada Senin (27/7) menghantam pangkalan militer yang menampung pasukan Amerika Serikat (AS) di dekat Baghdad, ibu kota Irak, kata seorang sumber di Kementerian Dalam Negeri Irak.

Serangan itu terjadi pada malam hari ketika tiga roket mendarat di Kamp al-Taji, sekitar 20 km sebelah utara Baghdad, dengan jumlah korban yang belum diketahui, kata sumber itu kepada Xinhua seperti dikutip Antara tanpa menyebutkan nama.

Bacaan Lainnya

Pasukan keamanan Irak meluncurkan upaya pencarian terhadap para penyerang di daerah sekitar, kata sumber itu. Kamp Al-Taji adalah pangkalan militer besar yang meliputi pangkalan udara di mana sejumlah pasukan AS ditempatkan.

Sejauh ini, belum ada kelompok yang mengklaim bertanggung jawab atas serangan roket itu, namun pangkalan militer Irak yang menampung pasukan AS di seluruh negara itu dan kedutaan AS di Zona Hijau sering kali menjadi sasaran serangan mortir dan roket.

Hubungan Irak-AS mengalami ketegangan sejak 3 Januari ketika sebuah pesawat nirawak (drone) AS menyerang sebuah iring-iringan di bandara Baghdad, yang menewaskan Qassem Soleimani, mantan komandan Pasukan Quds dari Korps Garda Revolusi Islam Iran, dan Abu Mahdi al-Muhandis, wakil kepala pasukan paramiliter Irak Hashd Shaabi.

Serangan udara AS itu mendorong parlemen Irak untuk mengeluarkan resolusi pada 5 Januari lalu, yang meminta pemerintah untuk mengakhiri kehadiran pasukan asing di negara itu.

Lebih dari 5.000 tentara AS telah dikerahkan di Irak untuk mendukung pasukan negara Timur Tengah tersebut dalam pertempuran melawan militan ISIS, terutama dalam memberikan pelatihan dan saran. (*)

Pos terkait

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *