Pengamat China: Jika Taliban Pemerintahan Baru, Mereka Harus Putus Hubungan dengan Teroris

Taliban
Taliban menguasai Afghanistan/Net

AFGHANISTAN — Begitu cepatnya kelompok Taliban menguasai sebagian besar wilayah Afghanistan membuat dunia terkaget-kaget, terlebih dengan pernyataan mundur Presiden Ashraf Ghani pada Minggu (15/8) yang berarti akan ada perubahan kekuasaan di negara yang dilanda perang panjang tersebut.

Para pengamat mengatakan, jika Taliban membangun pemerintahan baru setelah mengambil kendali penuh, mereka harus menepati janjinya untuk memutuskan semua hubungan dengan ‘Tiga Kejahatan’ termasuk teroris, ekstremis, dan separatis di wilayah tersebut, dan memastikan Afghanistan tidak menjadi tempat berkembang biak untuk kekuatan-kekuatan itu.

Bacaan Lainnya

BACA JUGA : Hadir di Sidang Tahunan MPR, Jokowi Pakai Baju Adat Baduy

“Hanya dengan melakukan itu ia dapat memenangkan lebih banyak pengakuan di seluruh dunia daripada sebelum invasi AS setelah 9/11,” kata para analis China, seperti dikutip dari Global Times.

Mereka mencatat bahwa jika Afghanistan menjadi tempat berkembang biaknya ‘Tiga Kejahatan’, Dewan Keamanan PBB dapat mempertimbangkan untuk mengirim pasukan penjaga perdamaian PBB ke negara itu.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan