PBB: Taliban Tidak Mampu Tangani ISIS-K

Pasukan Taliban/Net

JAKARTA — Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) mengeluarkan peringatan atas semakin aktifnya ISIS di Afghanistan setelah pengambilalihan kekuasaan oleh Taliban.

Berbicara di hadapan Dewan Keamanan pada Rabu (17/11), Utusan PBB Deborah Lyons mengatakan Taliban telah menunjukkan ketidakmampuannya dalam membendung ekspansi ISIS-Khorasan (ISIS-K).

Bacaan Lainnya

Hal itu terlihat dari peningkatan tajam jumlah serangan dan perluasan jejak nasional yang dilakukan oleh cabang lokal ISIS tersebut. Lyons menyebut, ISIS-K telah melakukan 334 serangan pada tahun ini, dibandingkan 60 pada tahun lalu.

“Dulu terbatas di beberapa provinsi dan Kabul, (ISIS-K) sekarang tampaknya hadir di hampir semua provinsi dan semakin aktif,” kata Lyons, seperti dikutip The National.

Baru-baru ini, ISIS juga mengaku bertanggung jawab atas dua ledakan yang mengguncang bagian barat ibukota Afghanistan, Kabul. Insiden itu menewaskan sedikitnya satu orang, dan melukai sedikitnya enam lainnya.

“Taliban bersikeras bahwa mereka melakukan kampanye bersama melawan (ISIS), tetapi kampanye ini mengkhawatirkan karena tampaknya sangat bergantung pada penahanan di luar proses hukum dan pembunuhan terhadap tersangka anggota (ISIS),” lanjutnya.

Taliban telah berkonflik dengan ISIS-K selama beberapa tahun karena perbedaan ekonomi dan ideologi.

Para pemimpin Taliban mengatakan mereka harus melawan ISIS, dan Afghanistan tidak boleh menjadi basis serangan terhadap negara lain.


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *