AS: Pertempuran Taliban dan Front Perlawanan Panjshir Mengarah ke Perang Saudara

  • Whatsapp
Afghanistan
Taliban terlibat pertempuran dengan Front Perlawanan Nasional Afghanistan di Panjshir/Reuters

AFGHANISTAN — Pertempuran antara Taliban dan Front Perlawanan Nasional Afghanistan di Panjshir memicu kekhawatiran pecahnya perang saudara di negara itu. Ketua Kepala Staf Gabungan Amerika Serikat (AS) Jenderal Mark Milley menyoroti kemungkinan perang saudara atas perkembangan situasi di Panjshir.

“Perkiraan militer saya adalah, apakah kondisi tersebut kemungkinan akan berkembang menjadi perang saudara. Saya tidak tahu apakah Taliban akan mampu mengonsolidasikan kekuasaan dan membangun pemerintahan,” kata Milley, seperti dikutip Al Jazeera, Minggu (5/9)

Bacaan Lainnya

Milley mengatakan jika Taliban dan kelompok perlawanan yang dipimpin Ahmad Massoud tidak dapat berkonsolidasi, maka pada gilirannya akan mengarah pada pembentukan kembali Al Qaeda atau pertumbuhan ISIS atau kelompok teroris lainnya selama tiga tahun ke depan.

Pada Sabtu (4/9), Taliban dan Front Perlawanan Nasional Afghanistan terlibat pertempuran di Lembah Panjshir. Jurubicara Taliban Bilal Karimi mengatakan distrik Khinj dan Unabah telah direbut, memberi pasukan Taliban kendali atas empat dari tujuh distrik di provinsi itu. “Para Mujahidin (pejuang Taliban) maju menuju pusat (provinsi),” kata Karimi.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *