Waspada! Cabai Putih Dicat Merah Beredar di Pasar

  • Whatsapp
Penampakan cabai putih yang dicat merah di pasar Banyumas. FOTO: INTERNET

RADARSUKABUMI.com – Masyarakat Kabupaten Banyumas digegerkan dengan beredarnya cabai putih yang dicat berwarna merah. Kasus ini merupakan ulah sejumlah oknum yang memanfaatkan kondisi harga cabai di pasaran yang mahal dengan memalsukan cabai rawit tersebut.

Kasus ini terungkap lewat pedagang pasar cabai yang sudah dicat warna merah yang dijual kepada masyarakat. Mengutip dari akun youtube Buletin Inews, Rabu (30/12/2020), sekilas tidak ada yang aneh dari cabai tersebut. Bahkan cabai tersebut terlihat sama denga cabai rawit merah pada umumnya.

Namun jika diamati lebih detail, cabai rawit merah tersebut berasal dari CAT. Yang semakin mengkhawatirkan, berdasarkan hasil pemeriksaan BPOM Banyumas, cabai merah tersebt direndam oleh larutan alkohon dan diberikan warna.

Ditambah lagi, cabai yang digunakan tersebut bukan pewarna makanan. Petugas BOPM Banyumas Winanto mengatakan, pihaknya akan meneliti lebih dalam ke laboratoriun

“Kita telusuri sumbernya dari mana, kita dapat informasi pengepulnya dari temanggung sekitar 2 orang yang nanti perlu bekerjasama dengan BPOM semarang untuk telusuri kesana sambil menunggu uji laboratorium yang lengkap di BPOM semarang,” ujarnya.

Beredarnya cabai yang dicat merah ini cukup mengkahawtirkan para pedagang. Karena hal ini juga akan mempengaruhi kepercayaan pembeli kepada para pedagang pasar.

(fbn/izo)

loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *