BERITA UTAMAJAWA BARAT

Warga Sukabumi, Hati-hati STNK Mobil Palsu

RADARSUKABUMI.com – Lima pelaku pemalsuan STNK mobil diciduk Polres Cianjur. Berdasarkan pengakuan, para pelaku telah membuat lebih dari seratus lembar STNK palsu yang tersebar di Cianjur, Bogor, Sukabumi dan Bandung.

“Tips aman bagi warga yang hendak membeli kendaraan, dapat mencek keaslian STNK dan BPBK kendaraan yang dibeli melalui samsat online atau datang langsung ke kantor samsat,” kata Kasatreskrim Polres Cianjur AKP Niki Ramdany kepada wartawan, Jumat.

Ia menjelaskan, sekilas STNK palsu hampir sama dengan yang asli, namun ketika diteliti, terdapat kejangalan dari tata letak huruf dan angka yang terkesan seperti di “batik” menggunakan pensil atau cetak printer.

Bahkan hologram layaknya STNK asli terpasang di bagian lembar pajak tidak ubahnya dengan yang asli dikeluarkan Ditlantas Mabes Polri, sehingga sulit untuk membedakan asli atau palsunya.

“Untuk itu, kami mengimbau warga yang hendak membeli kendaraan roda empat lebih jeli saat hendak melakukan transaksi, jangan sampai kendaraan yang dibeli menggunakan STNK dan BPKB palsu,” katanya.

Sementara Polres Cianjur masih menyelidiki dan mengembangkan kasus tersebut guna membongkar oknum di balik ketersediaan blangko dan hologram yang diduga asli yang didapat pelaku dari luar daerah.

“Kami harus melakukan pengembangan dan penyelidikan lebih dalam, apakah ada kaitan oknum atau tidak. Namun saat ini hasil pemeriksaan pelaku beroperasi dengan berkelompok dari berbagai daerah,” katanya. (antara/jpnn/izo/rs)

Tags
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button