Waduh, ada Dukungan Ganda dari OKP untuk Balon Ketua KNPI

  • Whatsapp

SUKABUMI-Ada rekomendasi dukungan ganda bagi sejumlah bakal calon (balon) Ketua DPD KNPI Kabupaten Sukabumi periode 2017-2020 dari sejumlah Pengurus Kecamatan (PK) KNPI dan Organisasi Kepemudaan (OKP).

Sesuai AD/ART KNPI Bab IX tentang syarat-syarat tata cara pemilihan ketua dan formatur. Rekomendasi dukungan dari PK KNPI dan OKP itu sendiri merupakan salah satu syarat utama pencalonan bagi setiap balon ketua.

Namun faktanya, dukungan rekomendasi ganda dari sejumlah PK KNPI dan OKP tersebut diketahui banyak terjadi. Hal ini setelah panitia Musda Pemuda/KNPI Kabupaten Sukabumi XIV, melakukan verifikasi administrasi rekomendasi dukungan dari PK KNPI dan OKP.

“Misalnya OKP a mendukung bakal calon b. Tetapi OKP a tersebut juga memberikan rekomendasi dukungan kepada calon lainnya. Dan ini jelas tidak sesuai apa yang sudah ditetapkan di AD ART KNPI bab IX pasal 24 ayat 2 point f bait keempat. Dalam point tersebut disebutkan OKP nasional tingkat provinsi hanya dapat memberikan rekomendasi kepada satu orang calon,”terang Ketua OC Musda Pemuda/KNPI Kabupaten Sukabumi XIV, Ayi Surahman kepada radarsukabumi.com, Kamis (19/10).

Di pasal 24 itu juga lanjut Ayi disebutkan apabila surat pencalonan bakal calon ketua yang dikeluarkan oleh OKP Nasional tingkat kabupaten atau kota lebih dari satu dukungan kepada bakal calon lainnya, maka surat rekomendasi dukungan tersebut dinyatakan batal.

“Namun kalau ada surat rekomendasi dukungan ganda dari PK KNPI kepada bakal calon ketua, itu tidak apa-apa. Ini sesuai aturan di bab IX , pasal 24 ayat 2 point f bait 3,”kata Ayi.

Hanya sayang, Ayi enggan membeberkan OKP mana saja yang memberikan rekomendasi dukungan ganda tersebut.”Yang jelas meski ada dukungan ganda, kelima bakal calon tetap bisa masuk bursa ketua KNPI, karena rekomendasi dukungannya sudah melebihi syarat yang sudah ditentukan, yaitu tiga dari PK KNPI dan enam dari OKP,”pungkasnya.(wan)

loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *