UPTD Cikembar Lakukan Pendampingan Komite , Guna Meningkatkan Mutu Pendidikan Sekolah

  • Whatsapp

SUKABUMI – Sedikitnya 16 sekolah tingkat SMP di Kecamatan Cikembar Kabupaten Sukabumi mendapatkan sosialisasi panduan komite sekolah model pendampingan dari Unit Pelaksanaan Teknis Dinas (UPTD) Pendidikan Cikembar yang diselenggarakan di Aula SMPN 1 Cikembar, kemarin (2/11).

Hal itu, dilakukan sebagai bentuk penguatan bahwa komite dapat diberdayakan sebagai mitra sekolah guna meningkatkan mutu pendidikan di wilayah tersebut.

Bacaan Lainnya

Kepala UPTD Pendidikan Cikembar, Suhendar mengatakan, komite sekolah adalah badan mandiri yang mewadahi peran serta masyarakat dalam meningkatkan mutu, pemerataan, dan efisiensi pengelolaan pendidikan. Sebab itu, komite harus mengetahui tugas dan fungsinya dalam pendidikan.

“Karena itu kami mengadakan sosialisai ini supaya faham apa tugas, fungsi serta peran komite di pendidikan,” kata Suhendar kepada Rdar Sukabumi.

Lanjut Suhendar, komite sekolah disarankan untuk meningkatkan kualitas pelayanan dalam memberikan pertimbangan, arahan, dukungan tenaga, sarana dan prasarana, serta pengawasan terhadap penyelenggaraan pendidikan di sekolah.

“Agar komite sekolah lebih memberdayakan perannya, maka orang tua pelajar perlu mendapat pencerahan yang jujur dan lugas tentang kebijakan komite sekolah dan pihak sekolah,” paparnya.

Selain itu, perlu adanya komunikasi yang baik, transparansi kepada orang tua pelajar serta pihak sekolah dalam menjalankan tugas dan fungsinya. Prinsip ini, akan dapat meningkatkan kredibilitas komite sekolah di mata masyarakat.

“Dengan begitu, akan mampu meningkatkan kepercayaan dan kredibilitas komite sekolah dimata masyarakat,” tuturnya.

Suhendar berharap, dengan adanya kegiatan ini dapat menyelaraskan presepsi antara komite dengan pihak sekolah, sehingga akan terjalin kerjasama yang harmonis untuk bersama meningkatkan mutu pendidikan.

“Kami yakin dengan adanya kerjasama yang baik maka pendidikan di Kecamatan Cikembar akan lebih baik ke depan,” pungkasnya. (cr16/e)

loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *