Turun Gunung, Asjap Pastikan Kualitas Pekerjaan

  • Whatsapp
Kepala DPU Kabupaten Sukabumi, Asep Japar saat berdialog dengan pekerja.

CIKEMBAR — Memastikan kualitas proyek pembangunan jalan, Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Sukabumi, Asep Japar kembali turun gunung. Ia langsung mengecek kualitas pekerjaan yang dikerjakan pihak ketiga agar sesuai dengan spesifikasi dan ketentuan yang telah ditetapkan.

Pantauan Radar Sukabumi, Asep Japar mengecek pekerjaan jalan penghubung Desa Bojong, Kecamatan Cikembar dan Desa Cimahi, Kecamatan Cicantayan. Mulai dari ketebalan, panjang dan lebar. Bahkan material yang digunakan pihak perusahaan pun tak luput dari pengawasannya.

Bacaan Lainnya

Kepada Radar Sukabumi, Asep Japar mengatakan, kualitas aspal yang digunakan pada proyek ini langsung diuji dengan menggunakan delapan dump truck seberat 8 ton. Hasilnya pun dianggap memuaskan, tak ada bekas ban dump truck yang ditinggalkan.

“Hasil pengujian ini, tidak ada sedikitpun bekas ban dump truck. Artinya, kualitas aspal ini sudah sesuai,” kata Asep kepada Radar Sukabumi, Minggu (29/9).

Kepala DPU Kabupaten Sukabumi, Asep Japar saat mengecek ketebalan jalan.

Pada uji coba ini, lanjut pria yang akrab disapa Asjap ini, delapan truk melewati lapisan hotmik yang baru saja dihamparkan dengan suhu sekitar 120 derajar celcius. Setelah dingin, kekuatan aspal menjadi berkali-kali lipat dibandingkan kekuatan ketika masih panas.

“Berarti kekuatan hotmik ini sangat baik dan sesuai dengan spesifikasi yang ditentukan pemerintah. Masyarakat juga menyaksikan uji coba ini sehingga bisa melihat kekuatan lapisan aspal yang dilewati truk besar,” paparnya.

Asjap menjelaskan, adapun panjang ruas jalan yang sedang diaspal dan betonisasi ini adalah sekitar lima kilometer. Adapun anggarannya merupakan Dana Alokasi Khusus (DAK) 2019 sebesar Rp7,9 miliar.

“Masa pengerjaan selama 180 hari kalender, pada proyek ini termasuk di dalamnya pembuatan talud dan saluran air,” ujarnya.

Asjap meminta masyarakat berperan aktif dalam semua pembangunan di Kabupaten Sukabumi agar pembangunan apapun bisa terawat dan terawasi.

“Setiap hari kami melakukan pengawasan yang ketat terhadap pekerjaan agar hasilnya memuaskan. Uji coba ini termasuk bagian dari pengawasan untuk menjamin mutu dan kekuatan jalan,” imbuhnya.

Sementara itu, salah seorang warga Desa Bojong, Kecamatan Cikembar, Dede Nuryadin (40) menuturkan, dengan diperbaikinya jalan ini diyakininya dapat mendorong aktivitas masyarakat, khususnya perekonomian masyarakat. “Perbaikian jalan ini yang kami harapkan sejak dulu. Alhamdulillah saat ini sudah terealisasi,” singkatnya. (bam/adv)

loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *