Tujuh Pintu Dana Hibah 2,4 Juta, Sudah 16 Ribu UMKM Kabupaten Sukabumi Ajukan Bantuan

  • Whatsapp

SUKABUMI – H-1 sebelum penutupan program bantuan hibah dari pemerintah pusat, Dinas Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (DPKUKM) Kabupaten Sukabumi, telah mengajukan sebanyak lebih dari 16.000 pelaku Usaha Mikro Kecil, dan Menengah (UMKM) mengikuti program dana hibah tersebut kepada pemerintah pusat.

Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (DPKUKM) Kabupaten Sukabumi, Ardiana Trisnawiana mengatakan, jumlah total bantuan untuk program bagi pelaku usaha sebesar Rp2.400.000 itu, secara keseluruha ada 12 juta se Indonesia.

Bacaan Lainnya

“Program ini, tidak ada kuota baik di tingkat kota atau kabupaten se Indonesia. Jadi siapa cepat dia yang akan dapat,” kata Aridiana kepada Radar Sukabumi, Minggu (30/8).

Menurutnya, DPKUKM Kabupaten Sukabumi memiliki tugas, pokok dan fungsi (Tupoksi) untuk menginformasikan dan mensosialisasikan ke pada seluruh warga yang merupakan pelaku usaha di tingkat kecamatan dan desa hingga ke komunitas pelaku usaha di Kabuapten Sukabumi.

“Selain itu, kami juga memiliki tugas untuk menampung bagi warga yang berminat untuk mengusulkan program ini.

Nah, sampai hari ini yang sudah kita usulkan ke pemerintah provinsi sampai kementrian dan BPKP ada lebih dari 16 ribu pelaku usaha untuk mendapatkan program bantuan dana hibah sebesar Rp2.400.000,” paparnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, dari 16.000 lebih yang sudah diusulkan kepada pemerintah Provinsi Jawa Barat hingga ke Kementrian itu, menurutnya belum tentu bisa dicairkan anggarannya.

Pasalnya, kewenangan untuk memastikan program tersebut bisa mendapatkan bantuan itu, atau tidaknya tergantung verifikasi dari kementrian pusat.

“Iya, jadi kami hanya memfasilitasi saja dan menampung semua warga yang merupakan pelaku usaha untuk mendapatkan bantuan itu.

Nah, bila nanti akan ada pencairan, maka petugas dari Kementrian pasti akan menghubungi warga tersebut melalui telepon selulernya,” timpalnya.

Pihaknya menambahkan, warga yang ingin mendapatkan bantuan hibah dari pemerintah pusat sebesar Rp2. 400. 000 itu, bisa didapatkan bukan hanya melalui DPKUKM saja. Akan tetapi, warga juga bisa mendapatkannya melalui tujuh pintu.

Pos terkait

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *