BERITA UTAMAKABUPATEN SUKABUMI

TPT Cikembar Diterjang Longsor, Warga dan TNI Bergotong Royong

RADAR SUKABUMI – Warga Desa Cibatu dan pemerintah Kecamatan Cikembar, melakukan aksi gotong royong untuk memperbaiki tebing sepanjang 20 meter dengan tinggi lima meter di Kampung Cibatu Lembur, Desa Cibatu, Kecamatan Cikembar, Minggu (5/4).

Perbaikan tebing tersebut, sengaja dilakukan untuk mengantisipasi bencana susulan. Terlebih lagi, cuaca esktrim saat ini berpotensi akan terjadinya bencana longsor.

“Untuk itu, kami bersama warga dan anggota Koramil Cikembar langsung terjun ke lapangan untuk memperbaiki tebing yang longsor pada beberapa waktu lalu itu,” jelas Plt Sekretaris Kecamatan Cikembar, Dading kepada Radar Sukabumi, Minggu (5/4).

Bila tidak secepatnya diperbaiki, sambung Dading, maka dikhawatirkan sejumlah rumah penduduk tergerus longsor. “Ada tiga rumah warga di Kampung Cibatu Lembur yang terancam longsor ini.

Apalagi, jika hujan deras maka air sungai Cibatu dikhawatirkan meluap dan mengikis tebing. Sehingga berpotensi bencana longsor,” paparnya.

Warga dan pemerintah setempat saat gotong royong membuat beronjong untuk TPT tebing longsor di Kampung Cibatu Lembur, Desa Cibatu, Kecamatan Cikembar.

Pihaknya mengaku, pemerintah Desa Cibatu dan pemerintah Kecamatan Cikembar sudah berupaya maksimal untuk memperbaiki tebing itu. Seperti mengajukan permohonan bantuan kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi dan lainnya.

“Alhamdulillah BPBD sudah memberikan bantuan berupa beronjong sebanyak 20 buah. Namun, bantuan itu belum mencukupi,” paparnya.

Untuk itu, saat ini warga dan pemerintah setempat bahu membahu melakukan gotong royong. Seperti mengumpulkan batu di sungai untuk dibuat beronjong. “Beronjong itu, langsung di jadikan sebagai Tembok Penahan Tanah (TPT),” timpalnya.

Pihaknya menghimbau kepada seluruh warga agar meningkatkan kewaspadaannya pada musim hujan saat ini. Apalagi, pada bulan ini intensitas curah hujan diprediksi akan lebih tinggi dibandingkan dengan bulan-bulan sebelumnya.

Warga dan pemerintah setempat saat gotong royong membuat beronjong untuk TPT tebing longsor di Kampung Cibatu Lembur, Desa Cibatu, Kecamatan Cikembar

“Saya menghimbau kepada seluruh warga agar meningkatkan kewaspadaanya. Khususnya bagi warga yang tinggal di daerah bantaran sungai dan daerah perbukitan.

Bila di wilayahnya terjadi bencana, disarankan agar segera melapor kepada pemrintah setempat. Ini perlu dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya resiko bencana alam,” pungkasnya. (den/d)

Tags
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button