Tower PT Indosat di Kampung Cikaret Sukaraja, Disegel Satpol PP

  • Whatsapp
Satpol PP Kecamatan Sukaraja saat menyegel pembangunan telekomunikasi milik PT Indosat yang berada di Kampung Cikaret, RT 1/1, Desa Sukamekar, Kecamatan Sukaraja.

SUKARAJA — Akibat belum mengantongi izin, satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Sukabumi, kembali melakukan gebrakan dengan melakukan penertiban. Seperti halnya, bangunan telekomunikasi milik PT Indosat yang berada di Kampung Cikaret, RT (1/1) Desa Sukamekar, Kecamatan Sukaraja, telah disegel.

Lantaran, tower yang dibangun oleh PT Permata Karya Perdana pada 15 Juli 2020 lalu, telah melanggar undang-undang perizinan.

Read More

Kepala Seksi (Kasi) Trantib Kecamatan Sukaraja, Prandi Kusmaya mengatakan, Satpol PP menilai, pihak perusahaan telah melakukan pelanggaran perizinan.

Karena, telah membangun tower tanpa memiliki Izin Mendirikan Bangunan (IMB) terlebih dahulu dari Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Sukabumi.

“Karena tidak memiliki IMB, akhirnya kami segel tower itu, agar pihak perusahaan tidak melanjutkan kembali pembangunan telekomunikasi sebelum menempuh perizinan,” kata Prandi kepada Radar Sukabumi, Rabu (22/7).

Sebelum pembangunan tower itu dihentikan, terlebih dahulu Satpol PP Kecamatan Sukaraja telah melaporkan persoalan tersebut kepada Kepala Seksi (Kasi) Penegakan Peraturan Daerah (Gakperda) Satpol PP Kabupaten Sukabumi.

Setelah dilakukan penelaahan, akhirnya Satpol PP Kabupaten Suakbumi langsung menutup aktivitas pembangunan tower itu.

“Sebelum dilakukan penyegelan, terlebih dahulu pihak perusahaan telah diperiksa oleh Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) dan hasilnya pemerintah bertindak tegas untuk melakukan penghentian sementara waktu pembangunan tower itu,” bebernya.

Saat petugas melakukan penyegelan di lokasi tower, Satpol PP Kabupaten Sukabumi terlebih dahulu telah membuatkan surat penyataan agar pihak perusahaan tidak melaksanakan dan melanjutkan proses pembangunan tower sebelum semua proses perizinannya ditempuh. Salah satunya IMB.

“Jadi intinya pihak perusahaan itu, telah membangun tower dengan cara mencuri star. Buktinya, tanpa memiliki IMB, mereka berani dan nekat melakukan pembangunan. Ya, akibatnya kami tindak dan pembangunannya disegel,” imbuhnya.

Related posts

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *