Timnas U-16 Indonesia Juara, Jadi Kado Manis HUT ke-77 RI

Kafiatur Rizky merayakan golnya pada final Piala AFF U-16 2022 antara Indonesia vs Vietnam
Kafiatur Rizky merayakan golnya pada final Piala AFF U-16 2022 antara Indonesia vs Vietnam di Stadion Maguwoharjo Sleman Yogyakarta, Jumat (12/8) malam WIB. Foto: twitter/pssi

Garuda Asia mendapat peluang bagus pada menit ke-52. Umpan silang Rizdjar gagal dijangkau dua pemain depan Indonesia di kotak penalti Vietnam. Padahal mereka tak terkawal. Pelatih Vietnam mulai melakukan beberapa pergantian pemain untuk menambah daya gedor anak asuhnya.

Bacaan Lainnya

Namun pertahanan Indonesia yang diperkuat duet Zaky Razak dan Iqbal Gwijangge, bermain cukup disiplin. Habil Akbar dan Rizdjar Subagja juga cukup apik beroperasi di kedua sisi sayap pertahanan Indonesia.

Pada menit ke-90, Vietnam mendapat peluang emas lewat bomber andalannya, Phan Thanh Duc Thien. Tapi sepakan pengoleksi 4 gol di Piala AFF U-16 2022 itu masih bisa diantisipasi dengan baik Andrika.

Pada masa injury, sempat terjadi keributan antar pemain setelah pemain Vietnam mendorong Riski Afrisal karena menganggap sengaja menghalau bola untuk membuang-buang waktu.

Untungnya, situasi cepat kondusif dan laga kambali dilanjutkan. Tapi hingga pertandingan Indonesia vs Vietnam berakhir, skor 1-0 untuk Garuda Asia tidak berubah. Timnas Indonesia U-16 besutan Bima Sakti keluar sebagai juara Piala AFF U-16 2022.

Ini merupakan gelar kedua Garuda Asia di turnamen ini, setelah sebelumnya berjaya pada edisi 2018. Vietnam harus puas jadi runner up, sementara juara ketiga adalah Thailand yang Jumat sore tadi mengalahkan Myanmar 3-0. (fat/pojoksatu)

Pos terkait