Pelatih Indonesia Yakin Fisik Pemain Vietnam Terkuras, Kami Punya Pesawat Carter

Pelatih Tim Nasional Indonesia Shin Tae-yong
Pelatih Tim Nasional Indonesia Shin Tae-yong berjalan seusai menyampaikan keterangan kepada wartawan dalam sesi konferensi pers jelang pertandingan leg 2 babak semi final Piala AFF 2022 di gedung Federasi Sepak Bola Vietnam (VFF), Hanoi, Minggu (8/1/2023).

VIETNAM — Pelatih tim nasional Indonesia Shin Tae-yong yakin fisik para pemain Vietnam terkuras menjelang laga leg kedua semifinal Piala AFF 2022, Senin (9/1), lantaran perjalanan panjang yang mereka tempuh dari Jakarta ke Hanoi.

“Vietnam harus transit terlebih dahulu di Ho Chi Minh (sebelum ke Hanoi-red). Itu lebih melelahkan (daripada Indonesia-red),” ujar Shin dalam dalam konferensi pers sebelum pertandingan di Kantor VFF, Hanoi, Minggu.

Bacaan Lainnya

Setelah bertanding leg pertama semifinal di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Jumat (6/1), yang tuntas dengan dengan skor imbang 0-0, Indonesia dan Vietnam melakukan cara yang berbeda untuk berangkat ke Hanoi, di mana leg kedua digelar pada Senin (9/1).

Indonesia menumpang pesawat carter sehingga mereka dapat langsung terbang ke Hanoi dari Tanah Air tanpa transit. Skuad “Garuda” pun sampai di Bandar Udara Internasional Noi Bai, Hanoi, pada Sabtu (7/1) sekitar pukul 18.00 WIB setelah menempuh perjalanan selama kurang lebih empat jam.

Namun, Vietnam mesti menumpang pesawat komersial dan tidak bisa memperoleh tiket tanpa singgah ke Hanoi. Tim asuhan pelatih Park Hang-seo berangkat dari Indonesia pukul 14.40 WIB harus transit terlebih dahulu di Bandara Internasional Tan Son Nhat, Ho Chi Minh, Sabtu (7/1), pada kisaran pukul 18.00 WIB.

Dua jam kemudian, mereka baru terbang ke Hanoi dan tiba di sana pada pukul 22.15 WIB. Melihat berlikunya tahapan yang harus dilalui Vietnam hingga tiba di Hanoi, Shin Tae-yong bersyukur skuadnya kembali dapat memakai pesawat sewa. “Bagi kami, pesawat carter itu memiliki dampak positif,” tutur Shin.

Kualitas Setara

Pelatih tim nasional Indonesia Shin Tae-yong percaya diri menyebut kualitas skuadnya kini sudah setara dengan lawannya tersebut. “Ketika saya menangani timnas Indonesia, penampilan skuad lebih baik. Performa kami sama dengan Vietnam,” kata Shin Tae-yong dalam konferensi pers sebelum pertandingan di Kantor VFF, Hanoi, Vietnam, Minggu.

Pos terkait