Sukabumi Mulai Darurat Vaksin

  • Whatsapp
Vaksinasi Covid-19 Sukabumi
Vaksinasi Covid-19 dilakukan kepada ratusan Warga Binaan Lapas Kelas IIB Warungkiara Kabupaten Sukabumi.

VAKSINASI WBP WARUNGKIARA

Sementara itu, program vaksinasi Covid-19 terus berlanjut. Kali ini sasarannya adalah ratusan warga binaan lapas (WBP) pada Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Warungkiara Kabupaten Sukabumi.

Bacaan Lainnya

“Kemarin (Selasa, 21/7) kami melaksanakan vaksinasi tahap kedua sebanyak 498 orang warga binaan, kemudian ada tambahan untuk yang baru divaksin tahap pertama sebanyak 52 orang. Jadi total yang sudah divaksin 550 orang warga binaan dari 950 orang binaan di sini,” ujar Kepala Lapas Kelas IIB Warungkiara Kabupaten Sukabumi, Ahmad Tohari menyebut saat ditemui di LP Kelas IIB Warungkiara, Kamis (22/07).

Saat ini yang menjadi kendala adalah para WBP tidak memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK) Kartu Tanda Penduduk (KTP). Sehingga yang didahulukan adalah mereka yang telah memiliki NIK KTP.

“Maka dari itu, kami akan berkoordinasi dengan Disdukcapil (Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil) untuk membantu menerbitkan NIK dan berkoordinasi juga dengan Dinas Kesehatan. Jadi divaksin itu yang memiliki KTP atau sesuai dengan KTP,” ujar Tohari.

Tohari berharap, dari Dinas Kesehatan melalui Puskemas Warungkiara walaupun tidak punya NIK KTP tetap bisa divaksin, sehingga ada kekebalan komuniti di lapas. Apalagi di lapas jaraknya sangat berdekatan, jika baru segitu menurutnya masih rawan terpapar.

“Mudah-mudahan setelah berkoordinasi bisa secepatnya membuahkan hasil, sehingga semua warga binaan dapat seluruhnya divaksinasi. Semenjak Pandemi COVID-19 kami juga sudah menerapkan pembatasan kegiatan agar terhindar dari terpaparnya covid, termasuk tidak diperbolehkan besuk kecuali menggunakan online,” tegasnya.

Di masa Pandemi COVID-19 dan PPKM ini, pihaknya juga berupaya membantu meringankan beban masyarakat terdampak COVID-19. Satu di antaranya yaitu dengan membagikan puluhan sembako kepada warga sekitar yang kurang mampu.

“Ya, para Rabu lalu kami melaksanakan bakti sosial dalam rangka Kumham berbagi membantu warga terdampak COVID-19. Sasarannya warga sekitar Lapas berupa sembako sebanyak 50 kantong dan mudah-mudahan ini dapat meringankan beban masyarakat terdampak COVID,” tandasya. (upi/r1/e)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *