Sukabumi ‘Dikeroyok’ Banjir, Petir dan Longsor Seharian

  • Whatsapp
Salah satu titik bencana longsor di wilayah Kabupaten Sukabumi, Senin (26/10/2020). FOTO: ISTIMEWA

SUKABUMI, RADARSUKABUMI.com – Hujan deras yang melanda wilayah Kabupaten Sukabumi dan sekitarnya terjadi pada Senin (26/10/2020). Hal ini memberikan dampak yang sangat besar. Hingga berita ini diturunkan, ada lima titik bencana terjadi dampak hujan deras yang disertai petir.

Informasi yang diperoleh Radar Sukabumi, bencana alam akibat hujan deras mengakibatkan longsor di Kampung Ciseupan Hilir RT 03 RW 06 Desa Seuseupan, Kecamatan Caringin Caringin yang merusak tiga rumah dan satu tempat ibadah.

Bacaan Lainnya

Kemudian, titik longsor terpantau di Kampung Nyalindung RT 02/10 Desa Kalaparea Kecamatan Nagrak yang mengakibatkan, robohnya Tembok Penahan Tebing (TPT) yang menimpa ruang warga. Selanjutnya, akibat hujan deras disertai angin kencang mengakibatkan TPT longsor di Kampung. Cikiwul Lebak RT 2/2 Desa sekarwangi Kecamatan Cibadak.

Selanjutnya, barang-barang elektronik dan instalasi listrik rumah milik warga Kampung Nagrak RT 01/01 Desa Nagrak Selatan Kecamatan Nagrak tersambar petir. Kemudian, Sungai Cibeber Kecamatan Cicurug kembali meluap dan merendam sembilan rumah.

Sekretaris BPBD Kabupaten Sukabumi, Anita Mulyani menyebutkan, seluruh bencana yang terlapor dalam dari hujan deras dengan intensitas yang cukup tinggi. BPBD Kabupaten Sukabumi, menyiagakan setiap P2BK yang ada di masing-masing kecamatan.

“Hujan deras yang terjadi sejak siang sampe sore hari dis semua wilayah Kabupaten Sukabumi memang cukup berdampak besar, bebernya titik bencana terlapor, hingga saat ini para petugas, P2BK melakuakan assesment disetiap lokasi bencana,” jelasnya kepada Radar Sukabumi, Senin (26/10/2020).

Dari laporan yang dihimpun dari Pusdalops BPBD Kabupaten Sukabumi, yang cukup parah, terjadi di Kampung Ciseupan Hilir RT 03 RW 06 Desa Seuseupan, Kecamatan Caringin Caringin yang merusak tiga rumah dan satu tempat ibadah.

“Tiga rumah dan satu mushola terdampak longsoran di Caringin, hingga saat ini petugas masih melakukan penanganan di lokasi kejadian,” sebutnya.

Selain longsor, Sungai Cibeber, Kecamatan Cicurug kembali meluap sehingga terjadi banjir. Luapan air merendam sembilan rumah. Ketingian air yang masuk mencapai 3 meter.

“Petugas gabungan juga tengah melakukan penanganan di lokasi kejadian, serta mengevakuasi para korban,” sebutnya.

Pada seluruh titik bencana, tidak terlapor adanya korban jiwa. Hanya saja, bebrpaa jiwa terpaksa harus mengungsi karena rumah yang dihuni tidak aman untuk ditinggali.

“Korban jiwa belum terlapor, termasuk kerugian secara keseluruhan masih dalam penghitungan,” pungkasnya. (upi/rs)

loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *