SNMPN Dibuka untuk D-3

  • Whatsapp

JAKARTA, RADARSUKABUMI COM

– Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi (Diksi) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Wikan Sakarinto secara resmi meluncurkan seleksi nasional masuk politeknik negeri (SNMPN) 2021, Senin (11/1). Jalur itu dikhususkan untuk siswa SMA, SMK, maupun MA yang lulus tahun ini dan ingin melanjutkan pendidikan ke politeknik negeri.

Wikan menjelaskan, SNMPN tahun ini hanya difokuskan pada politeknik negeri, khususnya jenjang D-3. Sebab, seleksi untuk sarjana terapan atau D-4 tergabung dengan Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).

“Jadi, event ini untuk perguruan tinggi vokasi, politeknik negeri, dan khususnya untuk jenjang D-3,” ujarnya dalam acara peluncuran SNMPN 2021 secara daring kemarin.

Cara pendaftarannya mudah. Sekolah cukup mendaftarkan diri melalui laman https://snmpn.politeknik.or.id dengan menggunakan username dan password yang diberikan panitia. Berikutnya, sekolah merekomendasikan dan mendaftarkan siswa-siswa terbaiknya. Siswa-siswa tersebut akan diberi username dan password yang dapat digunakan untuk memasukkan data secara online. Pendaftaran dibuka mulai 11 Januari hingga 19 Maret mendatang. “Pendaftarannya gratis,” tegasnya. Berkas pendaftaran bakal divalidasi mulai 18 Januari hingga 26 Maret. Hasilnya akan diumumkan pada 6 April.

Ketua Penerimaan Mahasiswa Baru Politeknik Se-Indonesia Zainal Arief menambahkan, SNMPN ini merupakan seleksi jalur undangan bagi calon peserta yang akan melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi bidang vokasi atau politeknik dan politani negeri di seluruh wilayah Indonesia. Tahun ini ada 44 politeknik negeri yang siap menampung calon mahasiswa dari jalur SNMPN. (jpg)

loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *