BERITA UTAMAKABUPATEN SUKABUMI

PVMBG: Lubang Sinkhole Kadudampit Terbentuk Alami

KADUDAMPIT— Pusat Vulkanalogi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menegaskan bahwa terbentuknya lubang besar atau Sinkhole secara alami. Menurutnya, setelah beberapa kali tim ke lokasi pihaknya menyimpulkan bahwa terjadinya lubang besar di di Kampung Legoknyenang, Desa Sukamaju, Kecamatan Kadudampit terbangun oleh material vulkani gunung gede.

“Karakter dari kelapukannya, kalau kering dia lepas (Prito), pada saat basah menjadi sangat jenuh. Di bawah lubang ada jalur air sehingga terjadi proses erosi yang terus menerus, karena litologinya dan pengubanan itu. Kebetulan curah hujan juga sudah mulai terjadi sehingga yang terjadi rembesan,” Kepala Bidang Mitigasi Gerakan Tanah PVMBG Badan Geologi Kementerian ESDM, Agus Budianto .

Bahkan, ada kemungkinan diameter lubang raksasa meluas. Apalagi saat ini tengah memasuki musim penghujan sementara lubang tetap berair dan berpotensi erosi. Sehingga, perlu beberapa penanganan untuk mengatasi saat ini. “Jika dilihat erosi ke kiri dan kekanannya, saran kami jalur ini segera dibersihkan jadi dibuat dinding penahan di terowongan ini, kemudian jalur air ini agar tidak mengerosi ke kiri kanan semakin besar maka di buat pondasi yang kedap air,”jelasnya

Jika, tidak dilakukan pembuatan dinding penahan ditakutkan dapat membahayakan warga yang melintas. Alternatif lainnya, selokan jalur air dibuka, lubang tetap ada dan dibuat dinding kedap. Bisa juga dibuka dibuat gorong-gorong kemudian ditimbun kembali supaya bisa dimanfaatkan kembali oleh warga untuk menggarap sawahnya. “Intinya biarkan air mengalir pada tempatnya dan tidak mengerosi sekitarnya. Namun tergantung dari keputusan dari pihak pemerintah daerah disini,” imbuhnya.

Saat ini, lubang tersebut memiliki diameter 7 meter, padahal sebelumnya hanya berukuran 6 meter saja. Dari pantauan Radar Sukabumi, terowongan tersebut memiliki diameter sepanjang sekitar 50 meter, dengan ukuran tinggi 3,2 meter dan lebar 2,5 meter. Terowongan memiliki pintu masuk cukup leluasa untuk masuk dua hingga tiga orang secara bersamaan.

1 2 3Laman berikutnya
Tags
Show More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button