Puluhan Rumah di Simpenan Sukabumi Terendam Banjir, Begini Kondisinya

Banjir Simpenan Sukabumi
BANJIR : Kondisi banjir yang merendam puluhan unit rumah warga di Kampung Kebon Kopi, Desa Cidadap, Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi.(FOTO: NANDI/ RADARSUKABUMI)

SUKABUMI — Hujan deras yang terus menerus mengguyur wilayah Kabupaten Sukabumi, mengakibatkan banjir yang merendam puluhan rumah di Kampung Kebon Kopi Desa Cidadap, Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi.

Berdasarkan informasi, banjir tersebut merendam rumah  di beberapa titik, diantaranya mulai dari  RT (2/2) dan RT (3/6).  Peristiwa banjir diketahui mulai terjadi sejak pukul 03.00 WIB saat hujan deras mengguyur wilayah desa Cidadap, Kecamatan Simpenan pada Kamis, (29/12) dini hari.

Bacaan Lainnya

Petugas Penanggulangan Bencana Kecamatan (P2BK) Simpenan Dandi Sulaeman mengatakan, berdasarkan hasil pengecekan dan wawancara dengan warga, banjir yang merendam puluhan rumah berasal dari air bah pesawahan yang debitnya meningkat karena curah hujan dengan intensitas cukup tinggi dan lama terjadi sepanjang hari.

“Untuk rumah sendiri diperkirakan puluhan rumah yang terdampak, data sementara terdata 25 unit rumah warga yang terendam,” ungkapnya.

Dijelaskan Dandi, peristiwa banjir selain terjadi di kampung Kebon Kopi juga terjadi di Kampung Cinyocok dengan 75 kepala keluarga terdampak akibat rumahnya juga terendam banjir.

“Jadi ratusan rumah terdampak banjir untuk di Desa Cidadap ini sejak dini hari tadi hingga sore ini, dengan ketinggian air mencapai 1 meter lebih,” jelasnya.

Masih kata Dandi, saat ini pihaknya beserta jajaran pemerintahan Desa, Kecamatan, dan unsur terkait lainnya dibantu masyarakat sekitar masih melakukan penanganan rendaman air surut dengan menggunakan mesin sedot.

“Ini paling parah, ini pertama kali terjadi di lokasi ini, untuk yang sana itu Cinyocok sering setiap tahun. Mereka sebagian dievakuasi dan mengungsi juga,” ucapnya.

Pos terkait