BERITA UTAMAKABUPATEN SUKABUMI

Positif Corona, Warga Jampang Tengah Dievakuasi

SUKABUMI – Wabah virus corona atau Covid-19 di Kabupaten Sukabumi kian meluas. Kali ini, Satuan Gugus Tugas Covid-19 Kecamatan Jampangtengah, telah mengevakuasi seorang pasien berinisial DJ (41) warga Desa Cijulang, Kecamatan Jampangtengah, kamis (6/8).

Proses evakuasi pasien yang dinyatakan terkonfirmasi positif ini, dilakukan petugas medis menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) lengkap.

Ketua Satgas Covid-19 Kecamatan Jampangtengah, dr. Risdi Pramesta mengatakan, pasien berjenis kelamin laki-laki ini telah dievakuasi ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sekarwangi Cibadak. Lantaran, ia telah dinyatakan positif Covid-19 setelah melakukan pemeriksaan sample swab dari Kimia Farma.

“Jadi pasien telah melakukan pemeriksaan mandiri ke Kimia Farma dan hasilnya positif Covid-19,” kata dr. Risdi Pramesta yang juga sebagai penanggung jawab medis di UPTD Puskesmas Jampangtengah.

Pasien yang positif Covid-19 ini, memiliki riwayat kerja di daerah Kalimantan. Saat pasien hendak kembali ke Kalimantan untuk keperluan kerja, ia harus mempunyai surat kesehatan dari tim medis. Seperti surat pengantar kesehatan dan lainnya.

“Makanya dia melakukan pemeriksaan mandiri di tes swab di Lab Kimia Farma. Nah, tanggal 4 Agustus 2020 lalu, hasilnya keluar dan pasien dinyatakan positif Covid-19,” ujarnya.

Setelah pasien diketahui positif Covid-19, tidak lama setelah itu, lab dari Kimia Farma memberitahukan kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Sukabumi.

“Setelah itu, baru kita tanggulangi kelapangan untuk percepatan penanggulangannya. Pasien ini positif Covid-19 tanpa gejala sakit apapun. Badannya sehat dan tidak ada permasalahan tanda-tanda klinis,” paparnya.

Saat proses evakuasi, pihak keluarganya dapat menerima. Karena saat proses evakuasi Satgas Covid telah didampingi bersama Polri, TNI, Satpol PP untuk memberikan penjelasan dan pemahaman soal virus tersebut.

“Kita kan melakukan uji sampling tadi juga sudah melakukan tracking atau pendataan jejak interaksi pasien selama 14 hari kebelakang. Seperti ia telah melakukan kontak sama siapa saja. Nanti akan di parsialkan, selain itu dilingkungan tersebut, akan dilakukan pemeriksaan lab berupa rapid test,” aku Risdi.

Pihaknya menghimbau kepada seluruh warga agar mengikuti anjuran dari pemerintah untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona. Seperti menggunakan masker, menjaga jarak, gemar mencuci tangan menggunakan sabun pada air yang mengalir. “Ini perlu diterapkan di kehidupan sehari-hari,” paparnya.

Sementara itu Kapolsek Jampangtengah, AKP Usep Nurdin mengatakan, saat melakukan proses evakuasi pihaknya bersama sejumlah anggota dari Kanit Binmas Bripka Hendra, Bhabinkamtibmas Desa Cijulang, Aipda Atep dan Aiptu Asep langaung terjun kelapangan untuk melaksanakan pengamanan.

“Evakuasi dipimpin oleh Ketua Satgas Covid-19 dr. Risdi beserta jajaran Puskesmas Jampangtengah, disaksikan juga oleh perwakilan Koramil Jampangtengah, Serda Eka dan Satpol Pol PP Kecamatan Jampangtengah,” katanya.

Setiba di rumah pasien, petugas gabungan langsung melakukan negosiasi dengan keluarga pasien. “Alhamdulillah pasien dapat dievakuasi oleh petugas dan langsung dibawa ke RSUD Sekarwangi Cibadak,” pungkasnya. (den/d)

Tags
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button