Penyempitan Sungai Cibeber Jadi Penyebab Banjir Cicurug

  • Whatsapp
Salah satu tempat wisata kolam renang ikut terendam banjir akibat meluapnya Sungai Cibeber di Kecamatan Cicurug.

SUKABUMI – Penyempitan dan pendangkalan sungai Cibeber menjadi salah satu penyebab sejumlah desa di Kecamatan Cicurug kembali direndam banjir. Pembuangan sampah ke sungai, menjadi salah satu penyebab terjadinya pendangkalan sehingga air sungai meluap ke pemukiman.

“Salah satu faktornya adalah kebiasaan membuang sampah sembarangan, sehingga menumpuk dan menajdi pendangkalan sungai, sehingga saat intensitas hujan tinggi turun, air meluap,” jelas Kepala Seksi Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi, Eka Widiaman, kemarin (16/10/2020).

Bacaan Lainnya

BPBD mencatat, terdapat tiga desa dan satu kelurahan terdampak banjir. Termasuk, lahan pertanian masyarakat ikut tersapu luapan sungai Cibeber tersebut.

“Dikampung Cibeber pasawahan, tujuh rumah terdampak. Di Kampung Cibeber Girang Desa Tenjoayu 14 rumah terendam, kemudian lahan pertanian warga,” sebutnya.

Warga yang terdampak banjir luapan sungai Cibeber, lanjutnya, tidak ada yang mengungsi, karena air dengan cukup cepat kembali surut. Saat air meluap, ketinggian air yang masuk ke pemukiman mencapai 30-60 cm.

“Sekitar pukul 18.00 WIB, air sudah mulai surut dan masyarakat mulai membersihkan lumpur dampak dari luapan air. Hingga saat ini, tidak ada yang mengungsi,” pungkasnya.

Seperti diketahui, bencana banjir kembali menerjang wilayah Kecamatan Cicurug. Kali ini, sekitar 14 rumah warga di Desa Tenjoayu, Desa Pasawahan dan Desa Benda, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi terendam, Kamis (15/10). Selain banjir, di wilayah Cicurug juga diterjang bencana longsor hingga menyebabkan setengah badan jalan di wilayah Desa Benda terputus.

Tak hanya di Cicurug, bencana longsor juga menerjang wilayah Kecamatan Parakansalak, tepatnya di Kampung Cisarandi, RT 01/01, Desa Lebaksari, Kecamatan Parakansalak. Akibatnya, dapur rumah warga jebol.

Berdasarkan laporan Petugas Penanggulangan Bencana Kecamatan (P2BK) Kecamatan Cicurug, terdapat lima kampung yang ada di tiga desa di Kecamatan Cicurug yang terendam banjir.

Yakni, Kampung Cibeber Girang, RT 04/04, Kampung Tenjoayu, RT 03/02 dan Kampung Cibeber, RT 01/04, Desa Tenjoayu. Sementara di Desa Benda bencana banjir telah menerjang di Kampung Benda, RT 04/08, Desa Benda serta di Kampung Baru, Desa Pasawahan, Kecamatan Cicurug. (upi/t)

Pos terkait

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *