Pecah Telor, Dua gol di babak tambahan bawa Italia ke perempatfinal

Para pemain timnas Italia melakukan selebrasi setelah mereka memenangi laga babak 16 besar Piala Eropa 2020 melawan Austria dengan skor 2-1 di Stadion Wembley, London. (26/6/2021) (ANTARA/REUTERS/Carl Recine)

JAKARTA — Dua gol yang tercipta pada babak perpanjangan waktu dari dua pemain pengganti Federico Chiesa dan Matteo Pessina membawa Italia mengalahkan Austria 2-1 dalam laga 16 Besar di Stadion Wembley, London, Minggu dini hari WIB.

Dengan kemenangan ini, Italia menyusul Denmark, yang sudah lebih dulu lolos ke perempatfinal Euro 2020, setelah menggasak Wales 4-0.

Bacaan Lainnya

Federico Chiesa akhirnya memecahkan kebuntuan Italia pada menit kelima babak perpanjangan waktu pertama setelah selama 2×45 menit pertandingan melawan Austria itu tetap 0-0.

Gol Chiesa diawali dari umpan silang melambung dari sisi kiri lapangan yang dikirimkan oleh Leonardo Spinazzola. Chiesa sempat mengecoh seorang bek Austria sebelum menyarangkan gol yang gagal dihadang kiper Daniel Bachman.

Sepuluh menit kemudian pada menit 105, giliran Matteo Pessina yang menciptakan gol yang sekaligus menggandakan kedudukan 2-0 .

Lorenzo Insigne mengirimkan umpan silang kepada Francesco Acerbi yang masih di pojok lapangan. Dia lalu menusuk ke pertahanan Austria dalam gerakan layaknya penyerang tengah sejati untuk menyalurkan bola kepada Pessina yang melompat melewati tekel Austria untuk mengirimkan finis luar biasa yang melewati hadangan Daniel Bachman.

Austria sempat membalas satu gol pada menit ke-114 ketika Sasa Kalajdzic menyambut tendangan sudut Louis Schaub yang dia tuntaskan dengan sundulan sambil menjatuhkan diri yang tak bisa dihadang Gianluigi Donnarumma.

Ini untuk pertama kalinya Italia kebobolan dalam 12 pertandingan terakhirnya. Austria berusaha keras menyamakan kedudukan untuk memaksa Italia melanjutkan laga kepada adu penalti. Namun upaya mereka gagal, sebagian karena ketanggguhan Donnarumma yang di antaranya menepis tendangan keras pemain pengganti Louis Schaub.

Austria sempat mengejutkan Italia pada babak kedua ketika sundulan Marco Arnautovic menjebol gawang Gianluigi Donnarumma namun gol itu dianulir karena offside.

Itu adalah satu-satunya kesempatan bola masuk gawang yang tercipta dalam 90 menit waktu normal pertandingan 16 besar antara Italia dan Austria di Stadion Wembley, London, Minggu dini hari WIB, namun sayang kemudian dinyatakan tidak sah karena offside.

Pertandingan berlangsung dalam tempo yang sedang pada babak pertama dengan inisiatif menyerang dipegang Italia, tapi Austria juga beberapa kali melancarkan tusukan ke daerah pertahanan Azzurri.

Dua peluang bagus lainnya terjadi pada menit ke-17 babak pertama ketika tendangan Nicolo Barella yang dirancang dari sayap kiri oleh Leonardo Spinazzola berhasil diselamatkan oleh kiper Austria Daniel Bachmann.

Peluang bagus lainnya tercipta juga pada babak pertama ketika pada menit ke-32 tendangan Ciro Immobile yang sudah tak bisa dihadang Bachman malah membentur tiang gawang.


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *