Melihat Kembali Kedua Presiden Indonesia yang Pernah Salat Idul Adha di lapang Merdeka

  • Whatsapp
Soekarno
Presiden Sukarno Salat Id di Lapangan Merdeka (Foto: Dok. Istimewa)

SUKABUMI — Tanggal 1 September 2017 dan tanggal 31 Agustus 1952 lalu merupakan moment Idul Adha yang bersejarah bagi Masyarakat Kota dan Kabupaten Sukabumi. Dimana pada hari Senin Bulan Agustus Presiden pertama Soekarno melakukan salat idul Adha bersama masyarakat Sukabumi. Kemudian tindakan bapak Poklamator Bangsa Indonesia tersebut ditiru oleh presiden Jokowi dengan secara tiba-tiba menggelar Salat Idul Adha di Sukabumi.

Berdasarkan catatan sejarah, Presiden Joko Widodo merupakan Presiden kedua Indonesia yang memilih Sukabumi sebagai tempat merayakan Idul Adha pada tahun 2017 lalu. Diketahui Jauh sebelum Jokowi, tepatnya pada 31 Agustus 1952, Presiden Soekarno sudah lebih dulu memilih Sukabumi sebagai tempat merayakan Idul Adha. Saat itu Soekarno juga menginap semalam di Sukabumi.

Bacaan Lainnya

“Presiden Jokowi membuat sejarah kembali berulang. Dulu Bung Karno menginap di sebuah hotel di kawasan Jalan Jenderal Ahmad Yani yang sekarang jadi toko serba ada. Sebelum dirobohkan, hotel itu berganti nama menjadi Hotel Merdeka tidak lama setelah Bung Karno bermalam,” ujar M Muraz yang waktu itu masih menjabat sebagai Walikota Sukabumi.

Jokowi
Jokowi Salat Idul Adha (Foto: Dok. Biro Pers Setpres)

Dalam gambar sejarah, terlihat Bung Karno salat Id di Lapangan Merdeka. Dalam foto berwarna hitam putih itu, terlihat Bung Karno duduk di saf terdepan. Bung Karno memakai peci dan juga kemeja lengan panjang, celana panjang, dan dasi.

Meski Tidak diketahui apakah saat salat Idul Adha di Sukabumi, Bung Karno memberikan sumbangan seperti yang Jokowi lakukan. Sementara Jokowi waktu itu memberikan tiga hewan kurban sapi dengan berbagai berat untuk berbagai wilayah di Sukabumi.

Di Masjid Agung, Jokowi menyumbangkan sapi jenis ongol seberat 1,4 ton. Jokowi mengungkapkan dia memang ingin merayakan Idul Adha di berbagai provinsi, sehingga kali ini dia memilih Sukabumi sebagai tempat untuk merayakan Idul Adha.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *