BERITA UTAMAKOTA SUKABUMI

Melepas Lajang di Tanggal Cantik, 02022020 Jadi Incaran Pasangan Pengantin

KOTA SUKABUMI – Momentum Tanggal Cantik 2 Februari 2020 (02022020) ternyata dimanfaatkan oleh sebagain masyarakat untuk melakukan kegiatan sakral yakni pernikahan. Berdasarkan Data Kemenag Kota Sukabumi, di tangal cantik tersebut ada sebanyak 39 peristiwa pernikahan yang terjadi di 7 kecamatan di Kota Sukabumi. Kecamatan yang mendominasi peristiwa pernikahan paling banyak mencapai 12 peristiwa ada di Kecamatan Citamiang.

Kepala Seksi Binmas Islam, Kemenag Kota Sukabumi, Asep Hidayat mengakui pada 02/02/2020 memang terjadi lonjakan peristiwa penikahan dibandingkan hari biasa. Rata-rata peristiwa pernikahan yang masuk ke setiap Kantor Urusan Agama ( KUA) itu sebanyak 2 sampai 5 peristiwa nikah.

” Hari ini, memang cukup banyak dari biasanya. Terbanyak 12 peristiwa pernikahan di KUA Kecamatan,” ujarnya.

Meskipun peristiwa lonjakan ini cukup tinggi namun tidak menjadi masalah bagi penghulu yang ada disetiap KUA. Para penghulu menyesuaikan jadwal pernikahan dengan jumlah pernikahan yang ada.

” Penghulu ada 2 sampai 3 disetiap KUA, Gak jadi masalah. Apalagi kota Sukabumi ini peristiwa nikahnya paling kecil, kedua paling kecil se- Jawa Barat. Sesuai jumlah penduduknya,” katanya.

Sementara itu, Warga Citamiang, Joni mengaku pernikahan sodaranya ini yang dilakukan di tanggal 02/02/2020 hanya sebatas kebetulan saja. Apalagi tanggal yang dibilang cantik itu bertepatan pada hari Minggu. ” Ya biar gampang di ingat katanya, dan pas hari libur,” akunya.

Loading...

Bukan hanya pernikahan, di tanggal cantik ini masyarakat pun memanfaatkan untuk mengadakan acara Khitab atau lamaran. Hal tersebut dirasakan oleh Warga Kecamatan Citamiang, Ovi. Alasannya mengagendakan khtibah di tanggal cantik in agar mudah diingat saja. ” Iya agar mudah diingat saja,”katanya.

Tak ada alasan lain kata Ovi seluruh tanggal itu sama bagusnya. Hanya saja kebetulan pada 02/02/2020 inipun hari minggu. ” Kebetulan pas hari Minggu, jadi semua orang pun libur kerja jadi bisa ikut hadir,” akunya. (bal)

Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button