Malam ini Pertamax naik Jadi Rp12.500, Nitizen : Terima Kasih Pak De, Kami Dukung Sampai Akhir

Sejumlah petugas SPBU saat melanyani
MELANYANI : Sejumlah petugas SPBU saat melanyani pelanggannya mengisi bensin. (foto : ist)

SUKABUMI — Pemerintah melalui pertamina resmi memutuskan harga Pertamax naik menjadi Rp 12.500 per liter mulai 1 April 2022 pukul 00:00 WIB. Menanggapi kenaikan bahan bakar pertamax dari harga sebelumnya, RP9 ribu ini beberapa Nitizen geram dan menyindir pemerintah. “Terima kasih pak De (jokowi red) saya dukung sampai Akhir, “tulis Break_riri dalam akun medsosnya.

Hal yang sama diungkapkan oleh Romli (33) salah seorang pengendara motor seusai mengisi bahan bakar bensin di salah satu SPBU. Menurutnya dengan adanya kenaikan harga pertamax tersebut membuat kesulitan baru bagi masyarakat, karena akan berdampak kenaikan pula harga bahan pokok.

Bacaan Lainnya

“Kalau secara pribadi saya menolak ya, tapi kan ini keputusan pemerintah mau menolak juga kami butuh BBM untuk kendaraan, ya saya pasrah saja meskipun dengan hati berat. Kalau bisa ditunda lah, “Cetus Romli.

Diketahui, Harga BBM Non Subsidi Gasoline RON 92 atau Pertamax ini disesuaikan untuk daerah dengan besaran pajak bahan bakar kendaraan bermotor /PBBKB 5 persen. Berdasarkan PT Pertamina Kenaikan tersebut juga terjadi naik lebih besar menjadi Rp 12.750 per liter, khusus di 4 provinsi di Timur Indonesia, yakni Maluku, Maluku Utara, Papua Barat, dan Papua.

Pjs. Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga, SH C&T PT Pertamina (Persero), Irto Ginting, menuturkan jika untuk menekan beban keuangan Pertamina, selain melakukan efisiensi ketat di seluruh lini operasi, penyesuaian harga BBM tidak terelakkan untuk dilakukan namun dengan tetap mempertimbangkan kondisi sosial ekonomi masyarakat.

“Karenanya, penyesuaian harga dilakukan secara selektif, hanya berlaku untuk BBM Non Subsidi yang dikonsumsi masyarakat sebesar 17 persen, dimana 14 persen merupakan jumlah konsumsi Pertamax dan 3 persen jumlah konsumsi Pertamax Turbo, Dexlite dan Pertamina Dex,” jelas dia dalam keterangannya, Kamis (31/3/2022).

Pos terkait