Mahasiswa Protes Proyek Slim Hole di Sukabumi

  • Whatsapp
Audiensi Forum MPLS
Audiensi Forum MPLS dengan pemerintah di aula Setda Kabupaten Sukabumi.

SUKABUMI – Sejumlah mahasiswa yang tergabung dalam Forum Mahasiswa Peduli Lingkungan Sukabumi (MPLS) memprotes proyek eksplorasi pemboran panas Bumi (Slim Hole) di wilayah Kecamatan Cikakak, Kabupaten Sukabumi.

MPLS menilai banyak dampak kurang baik yang saat ini dirasakan oleh warga terkait pembangunan itu. Selain itu mereka juga mempersoalkan prosedur Peraturan Daerah Rencana (Perda) Tata Ruang Wilayah (RTRW) terkait eksplorasi itu.

Bacaan Lainnya

Maka dari itu, Forum MPLS melakukan audiensi dengan pemerintah daerah (pemda) Kabupaten Sukabumi. Mereka meminta agar pemerintah dapat mempertimbangkan kembali dan menghentikan proyek eksplorasi pemboran eksplorasi panas Bumi (Slim Hole) tersebut.

“Barusan dalam titik konsulsinya kita tidak menemukan solusi terbaik, yang jadi permasalahannya adalah Perda nomor 22 tahun 2012 tentang RTRW itu tidak di indahkan.

Makanya kami menuntut pembangunan itu dibatalkan atau dihentikan sementara sebelum produser RTRW nya diselesaikan,” ujar Koordinator Forum MPLS Faiz Abdul Muhaimin seusai audensi dengan perwakilan Pemkab Sukabumi, di aula pertemuan Setda Kabupaten Sukabumi, Rabu (15/09).

Faiz menegaskan, Forum MPLS akan bersama – sama mengawal dampak lingkungan dan amdalnya selama proses eksplorasi. Di sisi lain dampak lingkungan yang ditimbulkan juga sudah dirasakan masyarakat di sana.

“Sementara ini, mungkin dampak lingkungan yang ditimbulkan tidak terlalu besar, tetapi dampaknya memang sudah ada yang dirasakan oleh warga yang saat ini dilewati oleh kendaraan berat dan lain sebagainya. ‘Yang harus jadi catatan, jangan sampai hari ini dari pihak lemigas ataupun pihak orang – orang terkait lalai terhadap dampak yang dihasilkan dari PLTG atau Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi itu,” tegas Faiz.

Panas Bumi Cikakak
Menteri Energi Dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Arifin Tasrif bersama Sekreteris Daerah (Sekda) Kabupaten Sukabumi, Ade Suryaman saat meresmikan pelaksanaan proyek Slim Hole CKK-01 di Desa Margalaksana, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *