Lutung Jawa Dievakuasi BKSDA Jabar Setelah Tersesat Lima Hari di Cisaat

Petugas BKSDA Jawa Barat saat mengevukasi lutung jawa
DIAMANKAN : Petugas BKSDA Jawa Barat, saat mengevukasi lutung jawa saat diamankan di salah satu rumah warga, tepatnya di Kampung Selajambe, Desa Selajambe, Kecamatan Cisaat.(FOTO : UNTUK RADAR SUKABUMI)

SUKABUMI — Warga Kecamatan Cisaat, digegerkan dengan seekor Lutung Jawa yang masuk ke kawasan pemukiman penduduk. Hewan yang memiliki nama latin, Trachypithecus Auratus itu, pertama kali ditemukan warga di kawasan pemukiman, tepatnya di Kampung Cibatu Legok, Desa Nagrak, Kecamatan Cisaat.

Plt Kepala Resort Konservasi Wilayah VIII Sukabumi BKSDA Jawa Barat, Isep Mukti mengatakan, berdasarkan informasi yang diperoleh dari laporan warga sekitar, bahwa lutung itu sudah berada di sekitar pemukiman warga selama lima hari.

Bacaan Lainnya

“Awalnya temuan lutung itu, dilaporkan warga berada di wilayah Cibatu Legok, Desa Nagrak, Kecamatan Cisaat. Selang dua hari, lutung itu ditemukan di lokasi yang tidak jauh dengan tempat penemuan pertama,” kata Isep Mukti pada Kamis (22/13).

Informasi terkahir, masih kata Isep, seekor lutung itu kerap ditemukan warga bergelantungan di pepohonan yang berada di wilayah pemukiman warga pada Rabu (21/12). Tidak lama setelah itu, warga langsung menangkap satwa yang dilindungi tersebut, saat seekor lutung hendak masuk ke rumah warga Kampung Selajambe, Desa Selajambe, Kecamatan Cisaat.

“Lutung itu, ditangkap sama warga pada Rabu (21/12) sore hari dengan menggunakan jaring ikan,” paparnya.

Setelah mengetahui kejadian tersebut, tim dari Balai Koservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jawa Barat langsung bergegas ke lokasi rumah warga yang mengamankan satwa tersebut, untuk dievakuasi ke tempat yang lebih aman. “Lutung Jawa itu akan dibawa ke PPSC untuk direhabilitasi untuk mendapatkan penanganan medis,” ujarnya.

Pos terkait