Logam, Tanah Liat hingga Sutera jadi IKM Unggulan Kabupaten Sukabumi

  • Whatsapp
Salah satu pelaku IKM Logam yang berlokasi di Desa Padaasih, Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi. FOTO: LUPI PAJAR HERMAWAN / RADAR SUKABUMI

SUKABUMI, RADARSUKABUMI.com – Sektor Industri Kecil Menengah (IKM) kini menjadi salah satu aset yang potensial di Kabupaten Sukabumi karena dapat menciptakan kesejahtera dan kemajuan secara ekonomi.

Salah satu IKM unggulan Kabupaten Suakbumi, mulai dari IKM logam, sutera, hingga tanah liat. Ketiga IKM tersebut, walaupun dengungnya belum begitu kencang, namun cukup berhasil menjadi penopang kehidupan masyarakat Kabupaten Sukabumi.

Bacaan Lainnya

Kepala Bidang Non Agro Dinas Perindustrian dan Sumber Daya Mineral (DPSDM) Kabupaten Sukabumi, Ujang Zulkifli menjelaskan, Kabupaten Sukabumi yang dianugerahi dengan kekayaan alam dan potensi Sumber Daya Manusia (SDM), menjadi salah satu faktor berkembangnya para pelaku IKM.

“Kabupaten Sukabumi itu punya segalanya, potensi bahan baku yang didukung oleh kekayaan SDA amat mendukung pada pelaku IKM, namun memang kami (pemerintah,red) harus meningkatkan perhatian kepada mereka agar menghasilkan prodak yang berkualitas,” jelasnya belum lama ini.

Dari sekira 23 ribu IKM di Kabupaten Sukabumi, Zul menyebut, setidaknya ada tiga bidang IKM yang menjadi unggulan. Mulai dari, IKM Logam, Tanah Liat hingga Sutera yang saat ini berhasil menjadi penopang masyarakat.

“IKM Logam di Sukabumi ini bisa membuat apapun, potensi para pelaku IKM nya luar biasa dan itu sudah diakui secara nasional, termasuk tanah liat, ternyata tanah liat Sukabumi ini terbaik setingkat nasional, kemudian sutera yang berada di Kadudampit, kualitasnya pun sudah tidak bisa diragukan lagi,” bebernya.

Walapun potensi IKM di Kabupaten Sukabumi tinggi, namun pihanya menyadari masih banyak yang menjadi tugas pemerintah. Diantaranya, bagaimana ikut terlibat untuk meningkatkan kualitas prodak IKM serta menciptakan kembali wirausahawan IKM baru di Kabupaten Sukabumi.

“Menurut saya, industri itu adalah cara berpikir, tentang bagaimana menciptakan suatu prodak yang bernilai secara ekonomis dari potensi yang ada. Maka dari itu, tugas kami masih cukup banyak terutama meningkatkan kualitas prodak IKM di Kabupaten Sukabumi,” pungkasnya. (upi/rs)

loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *