Kebakaran Purabaya, Rumah Rahmat Dalam 30 Menit Ludes Terbakar

  • Whatsapp

PURABAYA – Rumah milik Rahmat (45) warga Kampung Ciroyo, RT 2/1, Desa Pagelaran, Kecamatan Purabaya, hangus terbakar setelah dilalap si jago merah, Kamis (19/12). Meski tidak ada korban jiwa, namun keluarga korban mengalami kerugian materil hingga mencapai puluhan juta rupiah.

Seorang anggota Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kecamatan Purabaya, Yusandras mengatakan, kebakaran yang terjadi sekira pukul 09.00 WIB ini, api diduga kuat berasal dari tungku api tempat memasak. “Berdasarkan laporan petugas di lapangan, bahwa saat kejadian banyak tetangga korban yang melihat api pertama menjalar di bagian dapur rumah korban. Selang berapa menit api langsung menjalar ke bagian dinding dan atap rumahnya,” jelas Yusandras kepada Radar Sukabumi melalui telepon selulernya, Kamis (19/12).

Bacaan Lainnya

Saat kejadaian, sambung Yusandras, warga dan pemerintah setempat langsung berupaya memadamkan api dengan peralatan seadanya.

“Setiba di lokasi kejadian, kondisi api sudah membesar. Kami sudah berupaya maksimal untuk memadamkan api. Namun karena bangunan rumah terbuat dari material mudah terbakar. Sehingga, dalam kurun waktu sekitar 30 menit lamanya, api tersebut langsung menghanguskan rumah beserta isinya hingga nyaris rata dengan tanah,” imbuhnya.

Koordinator Pusdalop Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi, Daeng Sutisna mengatakan, saat ini seluruh keluarga korban untuk sementara waktu terpaksa dievakuasi oleh pemerintah setempat ke rumah saudara terdekatnya. Lantaran, rumah yang di isi oleh empat jiwa itu, sudah tidak dapat ditinggali.

“Sekarang mereka sedang membutuhkan bantuan logistik, material bangunan dan sembako. Kita sudah asessmen ke lapangan. Inysa Allah nanti akan kita bantu mereka untuk meringankan beban korban kebakaran,” katanya.

Untuk mengantisipasi dan mengurangi terjadinya resiko bencana, BPBD Kabupaten Sukabumi tidak henti-henti menghimbau kepada seluruh warga Kabupaten Sukabumi untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi bencana.

Seperti kebakaran, longsor, banjir dan bencana alam lainnya. Apalagi, memasuki musim hujan bencana alam kerap terjadi sehingga warga perlu selalu waspada.

“Kami meminta jika terjadi bencana kebakaran maupun kejadian bencana lainnya disarankan agar segera melaporkan kepada pemerintah setempat untuk segera di tangani,” pungkasnya. (Den)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *