Kapolres Sukabumi Kota Pastikan Tak Ada LGBT di Jajarannya

  • Whatsapp
Kapolres Sukabumi Kota AKBP Sumarni (FOTO: DENDI RADAR SUKABUMI)

SUKABUMI, RADARSUKABUMI.com – Kapolres Sukabumi Kota AKBP Sumarni merespons pernyataan Ketua Presidium Indonesia Police Watch (IPW) Neta S Pane. Diberitakan sebelumnya, Neta menyebutkan bahwa perilaku seks menyimpang atau LGBT mulai terjadi di institusi Polri.

“Insya Allah di jajaran saya tidak ada yang namanya LGBT,” kata AKBP Sumarni kepada Radarsukabumi.com, Jumat (23/10/2020).

Bacaan Lainnya

Hal ini dipastikan oleh Sumarni dengan upaya-upaya yang telah dilakukannyi. Semisal pembinaan mental, iman dan akhlak yang rutin dilakukan secara persuasif.

“Saya sendiri rutin melakukan pembinaan mental ke mereka agar imannya tetap kuat dan melakukan pendekatan kekeluargaan sehingga kita tahu masalah anggota kita. Insya Allah yang seperti itu (LGBT, red) dijauhkan dari kami,” beber Sumarni.

“Kita juga sering berikan konseling ke anggota,” lanjutnyi.

Sebelumnya, Presidium IPW mengungkapkan bahwa Polri telah terpapar oleh fenomena LGBT. Sehingga dia menuntut transparansi mengenai kasus ini.

“Polri perlu bersikap transparan dalam kasus LGBT ini karena LGBT adalah pelanggaran dalam ketentuan kepolisian,” ungkapnya.

Ditanyakan mengenai wilayah Sukabumi, Neta pun menegaskan bahwa tidak ada kasus LGBT di wilayah hukum tersebut. “Kalau di Sukabumi tidak ada,” kata Neta kepada Radarsukabumi.com.

Mabes Polri telah mencopot Brigjen E alias EP dari jabatannya di SDM Polri kerena tersandung kasus LGBT. Pencopotan Brigjen E dari jabatannya karena dinilai melanggar Peraturan Kapolri No. 14 tahun 2011 tentang Kode Etik Profesi Polri.

“Sudah dicopot ya,” kata Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Pol Argo Yuwono saat dihubungi.

Diketahui, kasus-kasus LGBT memang dalam Perkap nomor 14 tahun 2011 tentang kode etik profesi polri diatur di pasal 11 huruf c. Di mana setiap anggota polri wajib menaati dan menghormati norma kesusilaan kemudian norma agama, nilai-nilai kearifan lokal dan norma hukum.

Berikut bunyi aturan tersebut pada point ke 25 dan Pasal 11 huruf C di Peraturan Kapolri:

“Etika Kepribadian adalah sikap perilaku perseorangan Anggota Polri dalam kehidupan beragama, kepatuhan, ketaatan, dan sopan santun dalam kehidupan berkeluarga, bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara”.

(izo/rs)

loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *