Ini Deretan Pejabat yang Divaksin Hari Ini…

  • Whatsapp
Walikota Sukabumi Achmad Fahmi siap divaksin

SUKABUMI – Sebanyak 528 vaksinator disiapkan dalam program vaksin Covid-19 di Kota dan Kabupaten Sukabumi. Dimana, 490 vaksinator disiagakan Pemkab Sukabumi dan 38 vaksinator di Pemkot Sukabumi.

Mereka semua merupakan tenaga ahli yang sudah diberikan pelatihan khusus dalam mengelola vaksin. “Yang kita siapkan 38 vaksinator, tapi kalau teknis menyuntik itu perawat dan dokter pun sudah bisa. Kan sudah terbiasa,” ujar Juru Bicara Penanganan Covid-19 Kota Sukabumi, Wahyu Hendriana kepada Radar Sukabumi, Rabu (27/1).

Bacaan Lainnya

Teknisnya, penyuntikan itu dalam sehari maksimal dua sesi atau sebanyak 40 orang. Dilakukan ditempat kerja tenaga kesehatan tersebut. “Misal di RSUD R Syamsudin SH, akan dilakukan Senin sampai Jumat. Sehari itu dibagi dua sesi, satu kali sesi 20 orang. Jadi sehari itu 40 orang. Contoh lagi, kalau di puskesmas itu ada 20 Nakes, dibagi dua kali, 1 hari 10 orang. Aturannya sudah seperti itu tidak bisa disekaliguskan,” lanjutnya.

Di Kota Sukabumi sendiri, vaksinasi Covid-19 akan dilaksanakan di Balai Kota Sukabumi, hari ini (28/1) pagi. Bahkan, Wali Kota Sukabumi, Achmad Fahmi bersama Wakil Walikota Sukabumi, Andri Setiawan Hamami dan unsur forkopimda akan menjadi peserta vaksinasi Covid-19 tahap pertama.

Selain itu, peserta vaksinasi pada awal ini yakni ketua organisasi profesi kesehatan seperti Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Sukabumi, perwakilan pemuka agama, dan Aparatur Sipil Negara (ASN). ”Rencananya pencanangan vaksin tingkat kota dilakukan pada Kamis pagi,” ujar Wali Kota Sukabumi, Achmad Fahmi, Rabu (27/1).

Pada tahap pertama ini, Walikota Sukabumi, Achmad Fahmi akan menjadi yang pertama divaksin. Menyusul berikutnya Wakil Walikota Sukabumi, Andri Setiawan Hamami, Wakil Ketua DPRD Kota Sukabumi, Jona Arizona, Kapolres Sukabumi Kota, AKBP Sumarni, Kepala Kejaksaan Negeri Kota Sukabumi, Mustaming, dan Kasdim 0607/Kota Sukabumi, Mayor (Chb) R Khoirullah, dan Ketua Pengadilan Negeri Sukabumi, Kristijan Purwandono Djati.

Menurut Fahmi, peserta vaksin pada pencanangan lainnya yakni dua orang perwakilan pemuka agama dan satu orang perwakilan ASN yakni Sekda Kota Sukabumi Dida Sembada. Selain itu, ada 11 orang tenaga kesehatan antara lain Kepala Dinkes Kota Sukabumi, Rita Fitrianingsih, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Kota Sukabumi, Lulis Delawati, dan ketua organisasi profesi kesehatan dan rumah sakit.

Sementara itu, 490 vaksinator yang disiapkan Pemkab Sukabumi akan disebar di 70 fasilitas kesehatan. Adapun rencana awal vaksinasi bakal dilaksanakan pada Jumat (29/1/2021) mendatang. Dimana, vaksinasi akan diberikan kepada Forkopimda Kabupaten Sukabumi.

“Vaksinasi perdana mulai Jumat. Rencananya Forkopimda yang pertama dan para tenaga kesehatan. Forkopimda sudah menyetujui untuk dilakukan vaksin,” jelas Koordinator Bidang Data dan Informasi Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Sukabumi, Andi Rahman kepada Radar Sukabumi, Rabu (27/1/2021).

Selain itu, secara bertahap vaksin telah didistribusikan kepada fasilitas kesehatan yang ada di Kabupaten Sukabumi. Ditargetkan, selama dua hari vaksin sudah terdistribusi kepada 58 Puskesmas. “Pendistribusian sudah berjalan, baik itu ke Puskesmas maupun ke Faskes lainnya. Alhamdulillah, proses pendistribusian berjalan dengan lanacar,” bebernya.

Andi juga menegaskan, selain Forkopimda, tokoh agama, tokoh masyarakat dan pemuda juga bakal dilibatkan pada vaksinasi perdana ini. Kemudian, tahap selanjutnya bakal menyasar para pejabat publik dan masyarakat Kabupaten Sukabumi. “Forkopimda sudah menyatakan kesiapan, termasuk nanti ada perwakilan tokoh agama, masyarkat dan tokoh pemuda hingga MUI Kabupaten Sukabumi,” sebutnya.

Program vaksinasi di Kabupaten Sukabumi diharapkan berjalan dengan baik dan bisa meminilisir angka penularan. Selain itu, program vaksinasi diharapkan dapat memulihkan kondisi Kabupaten Sukabumi. “Tentunya kami harap semua elemen masyarakat dapat menyukseskan program vaksinasi ini, sehingga Kabupaten Sukabumi bisa kembali pulih,” harap Andi. (bal/bam/upi/t)

loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *