Ini Alasan Rumah Lansia Jampang Tengah Dirobohkan

  • Whatsapp
GOTONG ROYONG : Babinsa Sertu Rahmat Karyadin, Bhabinkamtibmas Brigadir Sugiarto dan Kepala Desa Jampangtengah Agus Jayadi Ramli beserta warga setempat saat merobohkan Rutilahu milik Mak Yati yang berusia 110 tahun asal Kampung Nangela, RT (004/008) Desa/Kecamatan Jampangtengah.

JAMPANGTENGAH — Rumah milik lansia Mak Yati (110) dirobohkan oleh aparat TNI/Polri dan perangkat desa Jampang Tengah. Rumah yang berada di Kampung Nangela, RT (004/008) Desa/Kecamatan Jampangtengah itu kondisinya sudah rapuh, hingga tergerak para perangkat desa dan aparat setempat membantunya.

Pembangunan rumah tidak layak huni yang dilakukan merupakan kegiatan yang ke enam kalinya. Mereka kerap merobohkan setiap bangunan rumah warga yang kondisinya kian memprihatinkan dan nyaris ambruk dan dibangun kembali dengan anggaran swadaya.

Bacaan Lainnya

“Pembangunan atau renovasi rumah milik Mak Yati ini, berawal dari komunikasi kami bertiga perihal masih banyaknya rumah yang tidak layak huni dan belum tersentuh program juga laporan dari warga yang merupakan kepala wilayah tiap kampung,” kata Rahmat Babinsa Desa Jampangtengah kepada Radar Sukabumi, Selasa (16/03/2021).

Menurutnya, mengingat beberapa rumah warga bisa di kategorikan darurat, akhirnya ia bersama Bhabinkamtibmas dan Kepala Desa Jampangtengah berinisiatif untuk melalukan bedah rumah secara swadaya. “Alhamdulillah dana sebagian material juga kadang bantuan makanan untuk yang kerja kami dapat dari warga dan donatur yang dengan ikhlas turut infak, sodaqoh untuk membangun rumah warga yang layak untuk dihuni,” paparnya.

Pihaknya mengaku bangga, melihat semangat gotongroyong warga sekitar dari awal membangun rumah pertama sampai saat ini rumah yang ke enam yang kini prosesnya masih dalam pengerjaan. “Gotongroyong terutama saat membongkar dan mulai membangun kembali warga sangat antusias menyumbangkan tenaganya. Semoga selalu ada yang mau berbagi pada sesama yang membutuhkan dan membuat tempat saudara kita yang lebih baik,” bebernya.

Bhabinkamtibmas Desa Jampangtengah, Brigadir Sugiarto mengatakan, perempuan yang berusia ratusan tahun ini, sudah lama tinggal di rumah tidak layak huni dengan seorang diri di rumah. “Iya, kasian Mak Yati itu tinggal sebatang kara di rumah yang kondisinya sudah lapuk yang hampir roboh dan sangat tidak layak huni,” katanya.

loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *