IJTI Minta Jurnalis Jaga Marwah Kemerdekaan Pers

  • Whatsapp
Ketua IJTI Jakarta Raya, Febby Budi Prasetyo yang biasa dipanggil Azonk mengatakan, pihaknya berkomitmen untuk meningkatkan kompetensi dan kemampuan jurnalis televisi di Jakarta. (istimewa )

JAKARTA — Ketua Umum Ikatan Jurnalis Televisi (IJTI) Yadi Hendriana mengatakan IJTI Pengda Jakarta Raya harus berdiri di garda terdepan untuk menjaga kemerdekaan pers, menjaga profesi jurnalis, dan menjaga kepentingan jurnalis yang merupakan anggota IJTI.

“IJTI lahir untuk menjaga kemerdekan pers bersama-sama dengan organisasi lainya. Kita juga berupaya untuk selalu berperan dalam melakukan pendekatan kepada pihak-pihak terkait sehingga ketentuan-ketentuan yang berpotensi menjadi ancaman pada kemerdekaan pers,” ujar Yadi dalam keterangan tertulisnya usai melantik IJTI Pengurus Daerah (Pengda) Jakarta Raya periode 2021 – 2024 secara daring, (2/80) Wadah pewarta televisi di Ibu Kota ini di ketuai oleh Febby Budi Prasetyo dari MNC TV, Selasa (03/09)

Bacaan Lainnya

Karena itu, Yadi meminta IJTI Pengda Jakarta Raya agar turut menjaga marwah kebebasan pers, sekaligus berkomitmen kepada anggota dalam meningkatkan kompetensi dan kemampuan jurnalis.

“Harus memiliki komitmen yang jelas dan memiliki integritas dan IJTI sebagai konstituen Dewan Pers ikut menjaga kode etik sebagai dasar berorgansiasi,” ujarnya.

Lebih lanjut, Yadi mengingatkan jangan sampai IJTI berubah fungsi sebagai organisasi yang hanya membawa kepentingan pribadi masing-masing. “Ingat organisasi ini harus berfungsi sebagai kepanjangan tangan anggotanya dan kepanjangan tangan dalam mewujudkan cita-cita pers Indonesia,” ujarnya.

Yadi juga berharap, IJTI harus bisa melahirkan jurnalis televisi yang multitasking, berintegritas, bertanggung jawab, dan memiliki komitmen pada profesinya.

“Untuk itu, IJTI Pengda Jakarta Raya agar bisa sering menggelar pelatihan dan uji kompetensi bagi anggota organisasi,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua IJTI Jakarta Raya, Febby Budi Prasetyo yang biasa dipanggil Azonk mengatakan, pihaknya berkomitmen untuk meningkatkan kompetensi dan kemampuan jurnalis televisi di Jakarta.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *