BERITA UTAMAKABUPATEN SUKABUMI

Hektaran Sawah Teredam Banjir

CIMANGGU — Akibat hujan deras yang menerjang wilayah Sukabumi Selatan telah menyebabkan Sungai Cigadung meluap dan menerjang hektaran lahan pertanian di Kampung Cigadung, Desa Boregah Indah, Kecamatan Cimanggu, Selasa (28/1).

Camat Cimanggu, Abdul Naafi mengatakan, akibat bencana banjir bandang ini, telah menyebabkan lahan pertanian padi seluas 1,5 hektare di wilayah Desa Cigadung terendam banjir setinggi lutut orang dewasa.

“Alhamdulillah tidak ada korban jiwa, hanya saja lahan pertanian warga banyak terendam banjir,” jelas Naafi kepada koran ini melalui telepon selulernya,Selasa (28/1).

Menurut Naafi, setiap hujan deras wilayah di perkampungan tersebut selalu direndam banjir dari Sungai Cigadung. “Banjir itu terjadi sejak pada Senin (27/1). Namun, sore harinya sudah kembali surut. Namun, hari terjadi kembali tetapi luasan banjirnya tidak parah seperti hari kemarin,” ujarnya.

Setelah mendapatkan laporan mengenai adanya banjir tersebut, ujar Naafi, pemerintah Kecamatan Cimanggu dan pemerintah Desa Boregah Indah beserta Petugas Penggungalan Bencana Kecamatan (P2BK) Kecamatan Cimanggu, langsung turun ke lapangan untuk melakukan peninjauan.

“Alhamdulillah, saat ini situasi sudah normal kembali dan air sudah kembali surut,” paparnya.

Untuk mengantisipasi agar banjir tidak kembali terjadi, maka pemerintah Kecamatan Cimanggu dan pemerintah Desa Boregah Indah akan menjalin kerjasama dengan warga setempat untuk melakukan normalisasi suluran air di Sungai Cigadung.

“Insya Allah kita akan melakukan gotong royong bersama sejumlah kelompok petani untuk melakukan pembersihan saluran air di Sungai Cigadung. Ini perlu dilakukan agar air tidak meluap dan meredam lahan pertanian warga,” pungkasnya. (den/d)

Tags
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button